Akuntansi Administrasi Suatu Perspektif
AKUNTANSI MANAJEMEN SUATU PERSPEKTIF
1. Organisasi dan Tujuan-Tujuannya.
Pengertian Organisasi.
Menurut Dimock, organisasi ialah : “Organization is the systematic bringing together of interdependent part to form a unified whole through which authority, coordination and control may be exercised to achive a given purpose”
(Organisasi ialah perpaduan secara sistematis daripada bagian-bagian yang saling ketergantungan/berkaitan untuk membentuk suatu kesatuan yang lingkaran melalui kewenangan, koordinasi dan pengawasan dalam perjuangan mencapai tujuan yang telah ditentukan).
James D. Mooney menyampaikan bahwa : “Organization is the form of every human association for the attainment of common purpose” (Organisasi ialah setiap bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama)
Pendapat lain menyebutkan bahwa Organisasi ialah se- kelompok orang yang menyatu bersama alasannya beberapa tujuan bersama.
Dari beberapa pengertian organisasi di atas, sanggup disimpulkan bahwa setiap organisasi harus mempunyai tiga unsur dasar, yaitu :
• Orang-orang (sekumpulan orang),
• Kerjasama,
• Tujuan yang ingin dicapai,
Sasaran Organisasi
Sasaran merupakan Tujuan bersama yang mengarahkan kerja organisasi. Bagi beberapa organisasi sasarannya ialah menciptakan produk dan menghasilkan keuntungan
Perencanaan Strategis.
Dalam setiap organisasi, perencanaan strategis terjadi dalam dua tahap
1. Keputusan mengenai produk yang akan dihasilkan dan/atau jasa yang akan diberikan.
2. Keputusan mengenai taktik pemasaran dan/ atau produksi yang akan diikuti dalam rangka memberikan produk atau jasa yang dimaksud kepada pihak yang semestinya.
Tugas Manajemen.
Pada dasarnya manajer melakukan 4 (empat) fungsi umum dalam suatu organisasi :
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Pengendalian
4. Pengambilan Keputusan
Perencanaan :
Manajer merancang beberapa langkah yang akan diambil dalam upaya menggerakkan organisasi ke arah sasarannya.
Pengorganisasian dan Pengarahan.
Manajer menetapkan bagaimana cara terbaik mengkombinasikan sumber daya insan dengan sumber ekonomi lain yang menjadi milik perusahaan semoga sanggup menjalankan planning yang ditetapkan.
Pengendalian
Dalam kiprah ini, manajer mengambil langkah-langkah yang diharapkan untuk memastikan bahwa setiap bab organisasi berfungsi dengan efektifitas yang maksimal.
Pengambilan Keputusan
Manajer berusaha menciptakan pilihan yang masuk nalar di antara alternatif
Struktur Organisasi
• Untuk menjalankan kiprah administrasi diharapkan orang lain untuk membantunya.
• Dengan melalui pembentukan struktur organisasi memungkinkan suatu desentralisasi tanggung jawab manajemen.
Desentralisasi
Yakni merupakan pelimpahan wewenang pengambilan keputusan melalui pengambilan kawasan pengambilan keputusan ke tingkat administrasi terbawah yang dimungkinkan.
Hubungan Lini dan Staff
Jabatan lini ialah jabatan yang bekerjasama langsung dengan pencapaian sasaran dasar suatu organisasi
Jabatan staff, tidak bekerjasama eksklusif dengan pencapaian sasaran dasar suatu organisasi
Informasi
Informasi ialah merupakan suatu fakta, data, pengamatan, persepsi atau sesuatu yang lain yang menambah pengetahuan dan diharapkan insan untuk mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan.
Dalam Akuntansi kita mengenal ada dua tipe, yakni :
1. Akuntansi Keuangan
2. Akuntansi Manajemen
Akuntansi Manajemen mempunyai dua arti
1. Sebagai Tipe Akuntansi
2. Sebagai Tipe Informasi
Sebagai Tipe Akuntansi:
Akuntansi Manajemen merupakan suatu system Pengolah Informasi Keuangan yang dipakai untuk menghasilkan gosip keuangan bagi kepentingan pemakai intern organisasi
Sebagai Tipe Informasi .
Akuntansi Manajemen merupakan tipe gosip kuantitatif yang memakai uang sebagai satuan ukuran, yang dipakai untuk membantu administrasi dalam pelaksanaan pengelolaan perusahaan.
Akuntansi Manajemen :
Adalah Informasi keuangan yang merupakan keluaran yang dihasilkan oleh tipe akuntansi manajemen, yang dimanfaatkan terutama oleh pemakai intern organisasi.
Persamaan Akuntansi Keuangan dan Manajemen :
1. Prinsip akuntansi yang lazim diterima baik dalam akuntansi keuangan kemungkinan besar juga merupakan prinsip pengukuran yang relevan dalam akuntansi manajemen.
2. Menggunakan Sistem gosip operasi yang sama sebagai materi baku untuk menghasilkan gosip yang disajikan kepada pemakainya.
Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen
Akuntansi Keuangan merupakan tipe akuntansi yang mengolah gosip keuangan yang terutama untuk memenuhi keperluan administrasi puncak dan pihak luar organisasi.
Akuntansi Manajemen merupakan tipe akuntansi yang mengolah gosip keuangan yang terutama untuk memenuhi keperluan administrasi dalam melakukan fungsi perencanaan dan pengendalian organisasi.
Perbedaan pokok antara Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen ialah terletak pada :
No. Unsur Perbedaan Akuntansi Keuangan Akuntansi Manajemen
1. Dasar Pencatatan Prinsip Akt yg lazim Tidak terikat dengan Prinsip Akt yang lazim
2. Fokus Informasi Informasi masa lalu “ .. dan Inf masa yg akan datang.
3. Lingkup Informasi Scr keseluruhan Bagian perusahaan
4. Sifat Laporan yang Dihasilkan Berupa Ringkasan Lbh rinci dan unsur taksiran lebih domi- nan.
5. Keterlibatan dalam sikap insan Lbh mementingkan pengukuran kejadi- an ekonomi Lbh bersangkutan dengan pengukuran kinerja manajemen.
6. Disiplin Sumber yang Melandasi Ilmu Ekonomi “… dan Ilmu Psiko logi Sosial.
Penggolongan Informasi
Secara garis besar gosip sanggup dibagi menjadi dua yakni gosip kuantitatif dan gosip non kuantitatif.
Informasi kuantitatif
Informasi yang mengandung unsur jumlah secara kwantitatif Umumnya lebih berperan dalam mengurangi ketidakpastian bila dibandingkan dengan gosip non kuantitatif . (Contoh Perhitungan Payback period untuk memilih apakah suatu investasi sanggup diterima atau tidak)
Informasi akuntansi
Sebagai bahasa bisnis gosip akuntansi sanggup dikelompokkan menjadi 3 (tiga) yakni : gosip operasi, gosip akuntansi keuangan dan gosip akuntansi administrasi .
Informasi Operasi
Informasi yang dipakai untuk melakukan kegiatan kegiatan sehari-hari. Informasi ini merupakan materi baku untuk mengolah tipe gosip akuntansi yang lain : gosip akuntansi keuangan dan gosip akuntansi manajemen.
Informasi Akuntansi Keuangan
• Dibutuhkan oleh administrasi puncak maupun pihak luar perusahaan untuk pengambilan keputusan.
• Informasi ini biasanya disajikan kepada pihak luar perusahaan di dalam laporan keuangan berbentuk neraca, laporan rugi/laba, laporan keuntungan ditahan dan sebainya.
Informasi Akuntansi Manajemen
• Diperlukan oleh Manajemen untuk melakukan dua fungsi pokok administrasi yakni : perencanaan dan pengendalian kegiatan
• Dihasilkan oleh Sistem pengolah gosip yang disebut akuntansi manajemen
• Bentuk laporan yang dihasilkan : anggaran, laporan penjualan, laporan biaya produksi, laporan biaya berdasarkan pusat pertanggungjawaban, laporan berdasarkan aktivitas, laporan biaya mutu, laporan biaya daur hidup produk (product life cycle cost)
Perbedaan Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Manajemen
Terletak pada :
1. Pemakai Informasi
2. Frekwensi Pelaporan
3. Skema Klasifikasi
4. Orientasi Waktu
5. Relevansi dan fleksibilitas data
6. Presisi Informasi
7. Unit pelaporan
8. Sumber disiplin ilmu
9. Regulasi
10. Fleksibilitas laporan
11. Kandungan gosip
12. Kewajiban.
PERBEDAAN ANTARA AKUNTANSI KEUANGAN DAN
AKUNTANSI MANAJEMEN
No. Unsur Perbedaan Akuntansi Keuangan Akuntansi Manajemen
1. Pemakai Informasi Pemakai external Pemakai Internal
2. Frekwensi Pelaporan Tiap 1 tahun, per 6 bulan Harian, mingguan, bln, th-an
3. Skema Klasifikasi Mis utk Biaya didasarkan Berdsrkan sikap biaya, pertang-
Obyek/fungsi pokok. gungjawaban, biaya terkendali & tdk
terkendali.
4. Orientasi Waktu Berdsrkan Informasi Masa Berdsrkan gosip yang akan da-
Lalu. tang
5. Relevansi dan Flek. Ditentukan scr obyektif Data yg dipentingkan lbh relevan
sibilitas Data. dn teruji dn fleksibel.
6. Presisi Informasi Obyektif dan teruji Kecepatan gosip lbh diutamakan.
7. Unit Pelaporan Berhub dg perusahaan Bagian dari suatu perusahaan.
scr keseleuruhan.
PERBEDAAN ANTARA AKUNTANSI KEUANGAN DAN
AKUNTANSI MANAJEMEN
Lanjutan …
No. Unsur Perbedaan Akuntansi Keuangan Akuntansi Manajemen
8. Sumber Disiplin Ilmu Berdsrkan Ilmu Ekonomi Ilmu Ekonomi dan Psikologi Sosial
(Keu, Statistik, Riset Operasi, Perila
ku rganisasi)
9. Sumber dan Sifat Berasal dari sistem akun- Berasal dari gosip masa kemudian dan
Informasi Tansi dasar yg merekam Masa yang akan datang.
Data transaksi yg sudah
Selesai.
10. Regulasi Laporan didasarkan atas Tidak diharapkan regulasi untuk melin-
Prinsip akuntansi yg ber- Dungi kepentingan masyarakat umum
Laku umum di Indonesia.
11. Fleksibilitas Laporan Krg mempunyai fleksibilitas Memiliki fleksibilitas yg tinggi.
Sub Pokok Bahasan
1. Organisasi Dan Tujuan-Tujuannya
2. Kebutuhan Manajer akan Informasi
3. Pengertian Akuntansi Manajemen
4. Peran Akuntansi Manajemen
5. Akuntansi Manajemen Dalam Lingkungan
Bisnis Yang Berubah
1. Organisasi dan Tujuan-Tujuannya.
Pengertian Organisasi.
Menurut Dimock, organisasi ialah : “Organization is the systematic bringing together of interdependent part to form a unified whole through which authority, coordination and control may be exercised to achive a given purpose”
(Organisasi ialah perpaduan secara sistematis daripada bagian-bagian yang saling ketergantungan/berkaitan untuk membentuk suatu kesatuan yang lingkaran melalui kewenangan, koordinasi dan pengawasan dalam perjuangan mencapai tujuan yang telah ditentukan).
James D. Mooney menyampaikan bahwa : “Organization is the form of every human association for the attainment of common purpose” (Organisasi ialah setiap bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama)
Pendapat lain menyebutkan bahwa Organisasi ialah se- kelompok orang yang menyatu bersama alasannya beberapa tujuan bersama.
Dari beberapa pengertian organisasi di atas, sanggup disimpulkan bahwa setiap organisasi harus mempunyai tiga unsur dasar, yaitu :
• Orang-orang (sekumpulan orang),
• Kerjasama,
• Tujuan yang ingin dicapai,
Sasaran Organisasi
Sasaran merupakan Tujuan bersama yang mengarahkan kerja organisasi. Bagi beberapa organisasi sasarannya ialah menciptakan produk dan menghasilkan keuntungan
Perencanaan Strategis.
Dalam setiap organisasi, perencanaan strategis terjadi dalam dua tahap
1. Keputusan mengenai produk yang akan dihasilkan dan/atau jasa yang akan diberikan.
2. Keputusan mengenai taktik pemasaran dan/ atau produksi yang akan diikuti dalam rangka memberikan produk atau jasa yang dimaksud kepada pihak yang semestinya.
Tugas Manajemen.
Pada dasarnya manajer melakukan 4 (empat) fungsi umum dalam suatu organisasi :
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Pengendalian
4. Pengambilan Keputusan
Perencanaan :
Manajer merancang beberapa langkah yang akan diambil dalam upaya menggerakkan organisasi ke arah sasarannya.
Pengorganisasian dan Pengarahan.
Manajer menetapkan bagaimana cara terbaik mengkombinasikan sumber daya insan dengan sumber ekonomi lain yang menjadi milik perusahaan semoga sanggup menjalankan planning yang ditetapkan.
Pengendalian
Dalam kiprah ini, manajer mengambil langkah-langkah yang diharapkan untuk memastikan bahwa setiap bab organisasi berfungsi dengan efektifitas yang maksimal.
Pengambilan Keputusan
Manajer berusaha menciptakan pilihan yang masuk nalar di antara alternatif
Struktur Organisasi
• Untuk menjalankan kiprah administrasi diharapkan orang lain untuk membantunya.
• Dengan melalui pembentukan struktur organisasi memungkinkan suatu desentralisasi tanggung jawab manajemen.
Desentralisasi
Yakni merupakan pelimpahan wewenang pengambilan keputusan melalui pengambilan kawasan pengambilan keputusan ke tingkat administrasi terbawah yang dimungkinkan.
Hubungan Lini dan Staff
Jabatan lini ialah jabatan yang bekerjasama langsung dengan pencapaian sasaran dasar suatu organisasi
Jabatan staff, tidak bekerjasama eksklusif dengan pencapaian sasaran dasar suatu organisasi
Informasi
Informasi ialah merupakan suatu fakta, data, pengamatan, persepsi atau sesuatu yang lain yang menambah pengetahuan dan diharapkan insan untuk mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan.
Dalam Akuntansi kita mengenal ada dua tipe, yakni :
1. Akuntansi Keuangan
2. Akuntansi Manajemen
Akuntansi Manajemen mempunyai dua arti
1. Sebagai Tipe Akuntansi
2. Sebagai Tipe Informasi
Sebagai Tipe Akuntansi:
Akuntansi Manajemen merupakan suatu system Pengolah Informasi Keuangan yang dipakai untuk menghasilkan gosip keuangan bagi kepentingan pemakai intern organisasi
Sebagai Tipe Informasi .
Akuntansi Manajemen merupakan tipe gosip kuantitatif yang memakai uang sebagai satuan ukuran, yang dipakai untuk membantu administrasi dalam pelaksanaan pengelolaan perusahaan.
Akuntansi Manajemen :
Adalah Informasi keuangan yang merupakan keluaran yang dihasilkan oleh tipe akuntansi manajemen, yang dimanfaatkan terutama oleh pemakai intern organisasi.
Persamaan Akuntansi Keuangan dan Manajemen :
1. Prinsip akuntansi yang lazim diterima baik dalam akuntansi keuangan kemungkinan besar juga merupakan prinsip pengukuran yang relevan dalam akuntansi manajemen.
2. Menggunakan Sistem gosip operasi yang sama sebagai materi baku untuk menghasilkan gosip yang disajikan kepada pemakainya.
Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen
Akuntansi Keuangan merupakan tipe akuntansi yang mengolah gosip keuangan yang terutama untuk memenuhi keperluan administrasi puncak dan pihak luar organisasi.
Akuntansi Manajemen merupakan tipe akuntansi yang mengolah gosip keuangan yang terutama untuk memenuhi keperluan administrasi dalam melakukan fungsi perencanaan dan pengendalian organisasi.
Perbedaan pokok antara Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen ialah terletak pada :
No. Unsur Perbedaan Akuntansi Keuangan Akuntansi Manajemen
1. Dasar Pencatatan Prinsip Akt yg lazim Tidak terikat dengan Prinsip Akt yang lazim
2. Fokus Informasi Informasi masa lalu “ .. dan Inf masa yg akan datang.
3. Lingkup Informasi Scr keseluruhan Bagian perusahaan
4. Sifat Laporan yang Dihasilkan Berupa Ringkasan Lbh rinci dan unsur taksiran lebih domi- nan.
5. Keterlibatan dalam sikap insan Lbh mementingkan pengukuran kejadi- an ekonomi Lbh bersangkutan dengan pengukuran kinerja manajemen.
6. Disiplin Sumber yang Melandasi Ilmu Ekonomi “… dan Ilmu Psiko logi Sosial.
Penggolongan Informasi
Secara garis besar gosip sanggup dibagi menjadi dua yakni gosip kuantitatif dan gosip non kuantitatif.
Informasi kuantitatif
Informasi yang mengandung unsur jumlah secara kwantitatif Umumnya lebih berperan dalam mengurangi ketidakpastian bila dibandingkan dengan gosip non kuantitatif . (Contoh Perhitungan Payback period untuk memilih apakah suatu investasi sanggup diterima atau tidak)
Informasi akuntansi
Sebagai bahasa bisnis gosip akuntansi sanggup dikelompokkan menjadi 3 (tiga) yakni : gosip operasi, gosip akuntansi keuangan dan gosip akuntansi administrasi .
Informasi Operasi
Informasi yang dipakai untuk melakukan kegiatan kegiatan sehari-hari. Informasi ini merupakan materi baku untuk mengolah tipe gosip akuntansi yang lain : gosip akuntansi keuangan dan gosip akuntansi manajemen.
Informasi Akuntansi Keuangan
• Dibutuhkan oleh administrasi puncak maupun pihak luar perusahaan untuk pengambilan keputusan.
• Informasi ini biasanya disajikan kepada pihak luar perusahaan di dalam laporan keuangan berbentuk neraca, laporan rugi/laba, laporan keuntungan ditahan dan sebainya.
Informasi Akuntansi Manajemen
• Diperlukan oleh Manajemen untuk melakukan dua fungsi pokok administrasi yakni : perencanaan dan pengendalian kegiatan
• Dihasilkan oleh Sistem pengolah gosip yang disebut akuntansi manajemen
• Bentuk laporan yang dihasilkan : anggaran, laporan penjualan, laporan biaya produksi, laporan biaya berdasarkan pusat pertanggungjawaban, laporan berdasarkan aktivitas, laporan biaya mutu, laporan biaya daur hidup produk (product life cycle cost)
Perbedaan Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Manajemen
Terletak pada :
1. Pemakai Informasi
2. Frekwensi Pelaporan
3. Skema Klasifikasi
4. Orientasi Waktu
5. Relevansi dan fleksibilitas data
6. Presisi Informasi
7. Unit pelaporan
8. Sumber disiplin ilmu
9. Regulasi
10. Fleksibilitas laporan
11. Kandungan gosip
12. Kewajiban.
PERBEDAAN ANTARA AKUNTANSI KEUANGAN DAN
AKUNTANSI MANAJEMEN
No. Unsur Perbedaan Akuntansi Keuangan Akuntansi Manajemen
1. Pemakai Informasi Pemakai external Pemakai Internal
2. Frekwensi Pelaporan Tiap 1 tahun, per 6 bulan Harian, mingguan, bln, th-an
3. Skema Klasifikasi Mis utk Biaya didasarkan Berdsrkan sikap biaya, pertang-
Obyek/fungsi pokok. gungjawaban, biaya terkendali & tdk
terkendali.
4. Orientasi Waktu Berdsrkan Informasi Masa Berdsrkan gosip yang akan da-
Lalu. tang
5. Relevansi dan Flek. Ditentukan scr obyektif Data yg dipentingkan lbh relevan
sibilitas Data. dn teruji dn fleksibel.
6. Presisi Informasi Obyektif dan teruji Kecepatan gosip lbh diutamakan.
7. Unit Pelaporan Berhub dg perusahaan Bagian dari suatu perusahaan.
scr keseleuruhan.
PERBEDAAN ANTARA AKUNTANSI KEUANGAN DAN
AKUNTANSI MANAJEMEN
Lanjutan …
No. Unsur Perbedaan Akuntansi Keuangan Akuntansi Manajemen
8. Sumber Disiplin Ilmu Berdsrkan Ilmu Ekonomi Ilmu Ekonomi dan Psikologi Sosial
(Keu, Statistik, Riset Operasi, Perila
ku rganisasi)
9. Sumber dan Sifat Berasal dari sistem akun- Berasal dari gosip masa kemudian dan
Informasi Tansi dasar yg merekam Masa yang akan datang.
Data transaksi yg sudah
Selesai.
10. Regulasi Laporan didasarkan atas Tidak diharapkan regulasi untuk melin-
Prinsip akuntansi yg ber- Dungi kepentingan masyarakat umum
Laku umum di Indonesia.
11. Fleksibilitas Laporan Krg mempunyai fleksibilitas Memiliki fleksibilitas yg tinggi.
Sub Pokok Bahasan
1. Organisasi Dan Tujuan-Tujuannya
2. Kebutuhan Manajer akan Informasi
3. Pengertian Akuntansi Manajemen
4. Peran Akuntansi Manajemen
5. Akuntansi Manajemen Dalam Lingkungan
Bisnis Yang Berubah
0 Response to "Akuntansi Administrasi Suatu Perspektif"
Post a Comment