Fungsi Komunikasi Bisnis
Sahabat Semangat Inspirasi, postingan kali ini akan memperlihatkan sedikit ulasan mengenai Fungsi Komunikasi Bisnis. Semoga Artikel ini sanggup bermanfaat dalam memperlihatkan pemahaman terkait komunikasi bisnis dan sanggup memperlancar sistem informasi dan komunikasi dalam pengelolaan manajemen sehingga sanggup sukses dalam usaha bisnis.
Fungsi internal dan external komunikasi bisnis secara umum :
1. Menginformasikan (to inform)
2. Membujuk (to persuade)
3. Mempromosikan (to promote goodwill)
Komunikasi Bisnis Internal
Internal : atasan, bawahan dan rekan kerja
Fungsi :
Mengeluarkan dan menjelaskan peraturan/prosedur
Menginformasikan progres perusahaan
Mendorong pegawai melaksanakan perbaikan
Evaluasi, memberi penghargaan dan menegur pegawai
Komunikasi Bisnis External
Eksternal : konsumen, suplier, pemerintah, dan publik
Fungsi :
Membujuk konsumen membeli produk
Menjelaskan produk atau layanan
Mengklarifikasi spesifikasi yang dibutuhkan
Mempromosikan image faktual perusahaan
Memberikan kredit dan menagih piutang
Bentuk Komunikasi Bisnis
Komunikasi tertulis :
Pengumuman, memo, e-mail, surat, laporan, tawaran dll.
Keuntungan :
Catatan permanen
Pesan yang terencana
Ekonomis
Distrubusi lebih mudah.
Bentuk Komunikasi Bisnis
Komunikasi ekspresi :
Pembicaraan, telepon, wawancara, rapat, konfrensi
Keuntungan :
Feedback langsung
Bisa menangkap nonverbal
Mudah
Saluran Komunikasi
Komunikasi formal :
mengikuti garis hirarki atau jabatan
Tiga arah komunikasi formal :
Downward : dari pengambil keputusan ke karyawan; Contoh : Kebijakan, rencana, strategi, isyarat dan prosedur
Upward : dari pekerja kepada pimpinan; Contoh : laporan kerja, dan usulan perbaikan
Horizontal : sesama karyawan/level yang sama; Contoh : Meeting, e-mail, dan memo
Saluran Komunikasi
Komunikasi informal (grapevine) :
menurut relasi sosial
karyawan sering bersosialisasi dikala makan siang, istirahat atau pulang kantor.
jikalau banyak informasi yang beredar melalui informal artinya komunikasi formal tidak efektif
Keuntungan :
informasinya lebih cepat dan efektif
sanggup mengekspresikan pendapat tanpa ragu-ragu
Hambatan Komunikasi Bisnis
Iklim komunikasi tertutup, karyawan sedikit mengetahui wacana perusahaan, informasi dikuasasi oleh pemimpin.
Struktur organisasi yang besar dan berjenjang, distorsi, penyampaian tertunda, persepsi berbeda.
Filtering, pesan dirubah, diperpendek atau diperpanjang.
Hambatan Komunikasi Bisnis
Tidak percaya, merasa diperdaya, dimanipulasi atau diperlakukan dengan tidak adil.
Rivalitas antar karyawan, saling merahasiakan informasi yang sanggup menguntungkan orang lain.
Status dan power.
Mengatasi Hambatan
Komunikasi Bisnis
Mendorong iklim komunikasi terbuka, mendorong masukan dan feedback dari karyawan
Menyederhanakan struktur organisasi, mengurangi layer, informasi lebih cepat
Mempromosikan komunikasi horisontal, meningkatkan moral, menambah ide-ide.
Membuat sentra isu, karyawan sanggup mengkonfirmasi isu yang berkembang
Membuat akses formal ibarat newsletter untuk memuat berita/informasi perusahaan
1. Menginformasikan (to inform)
2. Membujuk (to persuade)
3. Mempromosikan (to promote goodwill)
Komunikasi Bisnis Internal
Internal : atasan, bawahan dan rekan kerja
Fungsi :
Mengeluarkan dan menjelaskan peraturan/prosedur
Menginformasikan progres perusahaan
Mendorong pegawai melaksanakan perbaikan
Evaluasi, memberi penghargaan dan menegur pegawai
Komunikasi Bisnis External
Eksternal : konsumen, suplier, pemerintah, dan publik
Fungsi :
Membujuk konsumen membeli produk
Menjelaskan produk atau layanan
Mengklarifikasi spesifikasi yang dibutuhkan
Mempromosikan image faktual perusahaan
Memberikan kredit dan menagih piutang
Bentuk Komunikasi Bisnis
Komunikasi tertulis :
Pengumuman, memo, e-mail, surat, laporan, tawaran dll.
Keuntungan :
Catatan permanen
Pesan yang terencana
Ekonomis
Distrubusi lebih mudah.
Bentuk Komunikasi Bisnis
Komunikasi ekspresi :
Pembicaraan, telepon, wawancara, rapat, konfrensi
Keuntungan :
Feedback langsung
Bisa menangkap nonverbal
Mudah
Saluran Komunikasi
Komunikasi formal :
mengikuti garis hirarki atau jabatan
Tiga arah komunikasi formal :
Downward : dari pengambil keputusan ke karyawan; Contoh : Kebijakan, rencana, strategi, isyarat dan prosedur
Upward : dari pekerja kepada pimpinan; Contoh : laporan kerja, dan usulan perbaikan
Horizontal : sesama karyawan/level yang sama; Contoh : Meeting, e-mail, dan memo
Saluran Komunikasi
Komunikasi informal (grapevine) :
menurut relasi sosial
karyawan sering bersosialisasi dikala makan siang, istirahat atau pulang kantor.
jikalau banyak informasi yang beredar melalui informal artinya komunikasi formal tidak efektif
Keuntungan :
informasinya lebih cepat dan efektif
sanggup mengekspresikan pendapat tanpa ragu-ragu
Hambatan Komunikasi Bisnis
Iklim komunikasi tertutup, karyawan sedikit mengetahui wacana perusahaan, informasi dikuasasi oleh pemimpin.
Struktur organisasi yang besar dan berjenjang, distorsi, penyampaian tertunda, persepsi berbeda.
Filtering, pesan dirubah, diperpendek atau diperpanjang.
Hambatan Komunikasi Bisnis
Tidak percaya, merasa diperdaya, dimanipulasi atau diperlakukan dengan tidak adil.
Rivalitas antar karyawan, saling merahasiakan informasi yang sanggup menguntungkan orang lain.
Status dan power.
Mengatasi Hambatan
Komunikasi Bisnis
Mendorong iklim komunikasi terbuka, mendorong masukan dan feedback dari karyawan
Menyederhanakan struktur organisasi, mengurangi layer, informasi lebih cepat
Mempromosikan komunikasi horisontal, meningkatkan moral, menambah ide-ide.
Membuat sentra isu, karyawan sanggup mengkonfirmasi isu yang berkembang
Membuat akses formal ibarat newsletter untuk memuat berita/informasi perusahaan
0 Response to "Fungsi Komunikasi Bisnis"
Post a Comment