Manajemen Bisnis – Prinsip Dan Standarisasi Administrasi Perusahaan
Manajemen Bisnis – Prinsip dan Standarisasi Manajemen Perusahaan - Sahabat semangat inspirasi, dalam postingan kali ini saya akan membahas Manajemen bisnis, prinsip manajemen, prinsip administrasi bisnis, Manajemen Bisnis – Prinsip dan Standarisasi Manajemen Perusahaan, komponen manajemen, SDM, perencanaan dan perancangan perusahaan, manajer, lingkungan kerja manajemen, ekonomi bisnis, administrasi bisnis. Berikut ulasannya
Pendahuluan
Bisnis merupakan acara dalam menjual produk atau jasa supaya memperlihatkan laba bagi pemiliknya. Bisnis merupakan acara beresiko memperlihatkan kerugian baik dari segi material atau non-material. Namun kalau berhasil maka akan memperlihatkan laba dan kesejahteraan bagi pemiliknya. Agar terhindar dari resiko bisnis maka bisnis harus dijalankan dengan sempurna dengan perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang serius dan mantap. Bisnis terdiri atas beberapa komponen penting yang saling mendukung dan melengkapi. Bila salah satu komponen gagal maka akan mengganggu komponen lain. Berikut ialah komponen-komponen bisnis tersebut:
- Manajemen, yaitu bab yang merencanakan, mengelola, dan menjalankan bisnis. Komponen ini bisa disebut sebagai backend yaitu komponen yang berada di belakang layar.
- Kekuatan merk atau image, yaitu karisma, kekuatan emosional yang dimiliki oleh perusahaan dan merupakan pandangan/perasaan masyarakat terhadap perusahaan atau produk.
- Produk atau Layanan, komponen yang dijual atau ditawarkan kepada pasar. Komponen ini bisa disebut sebagai front end alasannya ialah komponen ini berada didepan. Komponen inilah yang berhadapan dengan masyarakat.
- Partner, yaitu pihak yang ikut membantu dalam menjalankan bisnis.
- Pelanggan, yaitu pihak yang akan mendapatkan tawaran atau membeli produk dan layanan yang ditawarkan.
Saya akan membahas komponen-komponen di atas satu persatu disertai kriteria, prisip, dan standar yang perlu dipenuhi supaya tiap komponen sanggup berfungsi maksimal sesuai yang diharapkan. Tiap komponen tidak sanggup berdiri sendiri alasannya ialah gangguan pada satu komponen akan mengganggu komponen lain. Saya akan menulis fatwa saya menurut pengalaman, buku-buku administrasi bisnis, dan studi kasus pada perusahaan-perusahaan tertentu. Pada posting ini saya akan membahas pada komponen Manajemen. Dan saya akan teruskan pada tulisan-tulisan berikutnya.
Manajemen
Manajemen suatu perusahaan ialah nyawa dari suatu perusahaan. Manajemen yang memilih pertumbuhan atau kebangkrutan suatu perusahaan. Dengan adanya suatu pengelolaan dan administrasi yang baik maka suatu perusahaan akan bisa bertahan dari segala tekanan, kendala, dan rintangan yang ada. Bahkan akan berubah menjadi lebih besar dan lebih baik lagi. Dalam mengelola perusahaan maka ada prinsip dan standarisasi dimana hal-hal tersebut akan sangat membantu perkembangan perusahaan kalau diterapkan dengan baik. Prinsip dan standar ini bukanlah nilai mutlak dalam kesuksesan suatu perusahaan. Tidak selamanya suatu perusahaan yang telah melaksanakan segala sesuatunya dengan baik akan sukses. Terkadang ada beberapa hambatan atau halangan yang tidak sanggup dihindari contohnya tertipu rekan kerja atau tertimpa peristiwa serta kendala-kendala lainnya. Berikut ialah beberapa prinsip dan standarisasi yang diharapkan bisa mendukung kemajuan dan perkembangan suatu perusahaan:
- Perencanaan yang MatangSebelum suatu perusahaan berdiri maka biasanya modal merupakan hambatan awal yang harus dipenuhi sebelum perusahaan berjalan. Tidak selamanya modal besar niscaya memperlihatkan laba besar. Pengelolaan modal yang efektif dan efisien akan memperlihatkan laba yang maksimal. Untuk kita kita harus melaksanakan perhitungan modal dan biaya yang diharapkan untuk operasional perusahaan dalam jangka beberapa waktu ke depan. Kita harus bisa memperlihatkan anggaran yang aman untuk operasional perusahaan dalam beberapa waktu kedepan. Makara bukan mengamankan anggaran hanya untuk hari ini dan besok. Dengan adanya pengamanan anggaran dalam jangka panjang maka perusahaan akan bisa bertahan kalau mengalami hambatan atau peristiwa yang sifatnya mendadak dan tidak diperhitungkan sebelumnya.
Dengan melaksanakan perencanaan dan perancangan perusahaan secara matang maka perusahaan akan siap menghadapi aneka macam hambatan dan rintangan dikarenakan telah diperhitungkan sebelumnya. Misalnya dalam menciptakan suatu produk maka kita harus melaksanakan penelitian terlebih dahulu mengenai pasar, konsumen, produk pesaing, dan kendala-kendala yang mungkin akan muncul supaya produk kita sempurna sasaran dan tidak gugur kalau terkena aneka macam tekanan dan hambatan yang muncul. Saat ini penggunaan teknologi info dalam acara bisnis bisa memudahkan dan mempercepat perencanaan perusahaan. Sistem yang digunakan disebut Enterprise Resource Planning(ERP) dimana sistem ini melaksanakan perencanaan dengan konsep Manajemen Operasional dengan suatu aplikasi yang terintegrasi. Beberapa acara administrasi sanggup terbantu dengan sistem ini menyerupai inventory management, financial management, reporting, manufacturing management, dan acara lainnya. - Sumber Daya Manusia yang Berkualitas, Loyal, dan Sejahtera.Sumber daya insan (SDM) yang berkualitas merupakan kunci penggagas perusahaan. Dengan adanya SDM yang bisa menggerakkan perusahaan dengan baik maka suatu perusahaan akan bisa berkembang dan melaksanakan bisnisnya dengan efektif dan efisien. SDM yang berkualitas tidaklah cukup untuk menjalankan perusahaan dalam jangka panjang. Diperlukan loyalitas pegawai terhadap perusahaan kawasan dimana ia bekerja. Dengan membangun relasi emosional antara perusahaan dan pegawainya maka seorang pegawai akan berusaha semaksimal mungkin memperlihatkan bantuan terbaik buat perusahaan. Tanpa adanya relasi emosional antara perusahaan dan pegawai maka pegawai hanya menjalankan kewajibannya tanpa memperlihatkan seluruh kemampuannya untuk perusahaan. Bila kewajibannya telah dilakukan maka ia hanya akan berjalan ditempat tanpa memperlihatkan inovasi, kreatifitas, dan ide cemerlang yang bergotong-royong bisa dilakukan kalau pegawai mempunyai ikatan emosional yang menciptakan ia ingin ikut membangun dan menyebarkan perusahaan menjadi lebih baik.
Sumber daya insan yang berkualitas, dan loyal belum tentu sanggup memperlihatkan bantuan terbaik yang dimilikinya. Manusia yang mempunyai kebutuhan tentu akan berusaha supaya sanggup memenuhi segala kebutuhannya. Bila seorang pegawai merasa bahwa penghasilan yang dimilikinya tidak memenuhi kebutuhannya maka tentu ia akan berusaha untuk mencari jalan supaya sanggup memenuhi seluruh kebutuhannya. Bila hal ini terjadi maka pegawai mencari kerja sampingan yang akan menyita waktu, pikiran, dan tenaganya sehingga ia tidak sanggup memperlihatkan kemampuannya secara maksimal pada perusahaan. Mengapa terkadang beberapa perusahaan melaksanakan meeting, atau penyusunan anggaran di hotel padahal kantor mereka mempunyai akomodasi yang sama dengan hotel? Mungkin buat sebagian orang hal ini ialah pemborosan, tapi dampak baiknya ialah para penerima meeting atau rapat akan lebih berkosentrasi dan memperlihatkan fatwa mereka secara maksimal tanpa terganggu oleh problem lainnya menyerupai macet di perjalanan ke kantor, permasalahan di rumah, dan kendala-kendala di luar perusahaan. Dengan adanya tunjangan dari perusahaan supaya pegawai tidak dipusingkan oleh hal-hal lain diluar perusahaan maka pegawai diharapkan sanggup memperlihatkan bantuan maksimal buat perkembangan perusahaan. - Manager yang Terbuka, Tegas, dan DemokratKepemimpinan seorang manager merupakan penunjuk jalan yang benar bagi perusahaan. Mereka ialah nakhoda kapal yang akan memilih apakah perusahaan akan mencapai tujuan atau tidak. Jiwa kepemimpinan yang berwibawa harus dimiliki oleh seorang manager perusahaan, namun dengan wibawa bukan berarti bersikap tertutup terhadap pegawainya. Justru perilaku terbuka seorang pemimpin yang mau mendapatkan masukan dan saran dari bawahannya akan membantu seorang manager dalam memimpin perusahaan atau departement yang dibawahinya. Ketegasan dalam memimpin dan mengambil keputusan sangat diharapkan oleh seorang manager, alasannya ialah di tangan mereka keputusan akan jalan yang ditempuh oleh perusahaan akan memilih perkembangan dan operasional perusahaan. Manager juga harus sanggup mempertanggung jawabkan keputusan mereka di depan direksi tidak melulu menyalahkan bawahan yang tidak becus melaksanakan perintahnya. Sebaiknya setiap pengambilan keputusan melibatkan banyak pihak, baik itu bawahan ataupun pihak lain yang terkait. Dengan adanya masukan dari yang lain maka manager sanggup mempertimbangkan dan mengambil keputusan yang sempurna dan memuaskan banyak pihak.
Hubungan antara manager dan bawahan juga harus baik dan terjaga. Sebisa mungkin ada relasi 2 arah antara manager dan bawahan, bukan relasi searah dimana manager terus-terusan memberi perintah kepada bawahan tanpa mau mendengar keluhan dan perasaan bawahannya. Bila ada relasi serasi menyerupai keluarga dalam suatu perusahaan maka akan tercipta team kerja yang solid dan berpengaruh dalam menjalankan perusahaan. - Lingkungan Kerja yang Nyaman dan MendukungSeorang pekerja menghabiskan hampir setengah hidupnya dalam sehari berada di kantor. Sehingga kantor merupakan kawasan kedua sesudah rumah yang menjadi kawasan terlama dimana pekerja berada. Untuk itu lingkungan kantor yang nyaman, kondusif, dan mendukung pekerjaan mutlak diperlukan. Lingkungan kerja bukan berarti hanya kantor saja, akan tetapi termasuk suasana kerja, dan relasi antar pegawai perusahaan. Bila salah satu bab dari lingkungan kerja tersebut ada yang menciptakan tidak nyaman seorang pekerja maka akan berdampak terhadap menurunnya kinerja dan bantuan pegawai tersebut terhadap perusahaan.
Kantor ialah kawasan bekerja dimana kenyamanan kantor bergantung pada kebersihan, kerapian, ketenangan, keindahan, suhu dan udara yang sesuai, serta tata letak furniture dan ruangan yang baik. Perangkat kerja yang mendukung juga perlu diperhatikan. Jangan memaksakan penghematan terhadap perangkat kantor yang sanggup menghambat pekerja. Beberapa perusahaan terkadang mempertahankan komputer bau tanah yang suka crash dengan alasan masih sanggup digunakan padahal justru kelambatan dan tuanya perangkat menciptakan waktu bekerja dan terkadang menghambat pekerja pada ketika perangkat bau tanah tersebut rusak. Kantor yang nyaman akan menciptakan pegawai betah dan tidak terburu-buru ingin meninggalkan kantor sehingga pekerja lebih berkosentrasi dalam melaksanakan pekerjaannya. Suasana kekeluargaan di kantor perlu dibina supaya pegawai merasa sebagai bab dari perusahaan dan mempunyai rasa tanggung jawab terhadap perusahaan untuk menjaga nama baik perusahaan. Jangan hingga ada sifat iri, sinis, atau ada pertikaian antar pegawai alasannya ialah akan mengganggu pekerjaan dan kinerja perusahaan.
Perlu diperhatikan juga bagaimana pegawai berangkat dan pulang dari kantor. Bila pegawai tinggal terlalu jauh dari kantor maka perlu dipikirkan bagaimana kalau terkendala macet dan terlambat hingga dikantor. Ada baiknya perusahaan menyediakan jemputan karyawan alasannya ialah selain membantu karyawan juga akan mengakrabkan karyawan alasannya ialah ada waktu bercerita dalam perjalanan dari atau ke kantor. - Terbuka dan Selalu BelajarPerkembangan dunia bisnis begitu cepat. Begitu banyak bidang yang mendukung suatu bisnis contohnya bidang teknologi informasi. Begitu banyak perubahan yang terjadi diluar perusahaan, alasannya ialah itu kita tidak boleh tertutup dan harus berusaha mendapatkan perubahan yang ada. Dengan selalu mempelajari perubahan dan perkembangan maka suatu perusahaan akan sanggup bersaing dengan perusahaan lain dan tidak tertinggal oleh tren dan perkembangan yang terus berjalan. Perusahaan harus mempelajari dan menerapkan aneka macam perkembangan dan perubahan yang bisa memperlihatkan manfaat yang efektif dan efisien bagi perusahaan. Dengan demikian maka perusahaan akan selalu sanggup berkembang, dan berjalan seiring dengan perubahan dan perkembangan yang ada.
Demikianlah sedikit goresan pena mengenai administrasi bisnis. Tulisan diatas tentu masih mempunyai kekurangan. Saya akan menambahkan goresan pena diatas kalau ada perubahan, atau pencerahan gres yang saya peroleh. Ditunggu saran dan kritiknya. Terima kasih.
Baca juga:
- Ringkasan Materi Manajemen Keuangan
- Kata-kata lucu dan Cerita Lucu
- Hidup Sukses, Bahagia, dan Mulia
- Kumpulan Kata-kata Rayuan Gombal Yg Ga Buat Galau
- Kata-Kata Romantis Ungkapan Kasih Sayang
- Karakteristik, Bentuk dan Jenis-jenis Pasar
- Peranan Manajer dalam Manajemen Organisasi Publik
- Kumpulan kata-kata bijak Mutiara Hati
- Cara Meningkatkan Motivasi Belajar
- Contoh Makalah perihal Manajemen Pendidikan Sekolah
- Kata-kata Bijak Mutiara Kehidupan
- Tips Sukses Menghadapi Kegagalan
- Kata Kata Mutiara Cinta
0 Response to "Manajemen Bisnis – Prinsip Dan Standarisasi Administrasi Perusahaan"
Post a Comment