Peran Guru Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013

Dalam implementasi kurikulum 2013, guru tidak hanya sekedar membiarkan akseptor didik memperoleh/mengkonstruk pengetahuan sendiri, namun guru memberi setiap pertolongan yang dibutuhkan oleh akseptor didik, menyerupai : bertindak sebagai fasilitator, mengatur/mengarahkan kegiatan-kegiatan belajar, memberi umpan balik, memperlihatkan penjelasan, memberi konfirmasi, dan lain-lain.


Peran guru dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik  pada implementasi kurikulum 2013 yaitu sebagai berikut :

1. Tahap mengamati

Membantu akseptor didik menemukan/mendaftar/menginventarisasi apa saja yang ingin/perlu diketahui sehingga sanggup melakukan/menciptakan sesuatu.

2. Tahap Menanya

Membantu peseserta didik merumuskan pertanyaan menurut daftar hal-hal yang perlu/ingin diketahui supaya sanggup melakukan/menciptakan sesuatu. 

3. Tahap Mencoba/mengumpulkan data (informasi)

Membantu akseptor didik merencanakan dan memperoleh data/informasi untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan. 

4. Tahap Mengasosiasikan/menganalisis/mengolah data (informasi)

Membantu akseptor didik mengolah/menganalisis data/informasi dan menarik kesimpulan.

5. Tahap Mengkomunikasikan

Manager, pemberi umpan balik, pemberi penguatan, pemberi penjelasan/ info lebih luas.

6. Tahap Mencipta

memberi contoh/gagasan, menyediakan pilihan, memberi dorongan, memberi penghargaan, sebagai anggota yang terlibat langsung.


0 Response to "Peran Guru Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel