Buku Pegangan Narasumber Pelatih Guru Inti Pkp (Program Peningkatan Pembelajaran) Berbasis Zonasi
Berikut ini ialah berkas Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Berbasis Zonasi. Download file format PDF.
Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Berbasis Zonasi |
Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Berbasis Zonasi
Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Berbasis Zonasi:
Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan dalam hal ini penerima didik. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pembelajaran berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).
Guru ialah pendidik profesional dengan kiprah utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik. Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam memilih prestasi penerima didik. Penelitian memperlihatkan bahwa 30% prestasi penerima didik ditentukan oleh faktor guru. Dalam upaya menjaga keprofesionalannya, guru senantiasa harus meng-update diri dengan melaksanakan banyak sekali pengembangan keprofesian berkelanjutan. Selama ini acara pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dikembangkan oleh Ditjen GTK didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, lebih memfokuskan pada peningkatan kompetensi guru terutama dalam kompetensi pedagogi dan profesional, adapun Program PKP Berbasis Zonasi ini lebih memfokuskan pada upaya memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Terkait dengan itulah, memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi, pedoman ini dikembangkan.
Pedoman ini terdiri dari tujuh bab, yaitu: Bab I Pendahuluan, Bab II Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi (PKP Berbasis Zonasi), Bab III Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi, Bab IV Penilaian, Pensertifikatan dan Pelaporan, Bab V Standar Penyelenggaraan, Bab VI Penjaminan Mutu, dan Bab VI Penutup.
BAB I PENDAHULUAN
Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan dalam hal ini penerima didik. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pembelajaran berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).
Guru ialah pendidik profesional dengan kiprah utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik. Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam memilih prestasi penerima didik. Penelitian memperlihatkan bahwa 30% prestasi penerima didik ditentukan oleh faktor guru. Dalam upaya menjaga keprofesionalannya, guru senantiasa harus meng-update diri dengan melaksanakan banyak sekali pengembangan keprofesian berkelanjutan. Selama ini acara pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dikembangkan oleh Ditjen GTK didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, lebih memfokuskan pada peningkatan kompetensi guru terutama dalam kompetensi pedagogi dan profesional, adapun Program PKP Berbasis Zonasi ini lebih memfokuskan pada upaya memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Terkait dengan itulah, memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi, pedoman ini dikembangkan.
Pedoman ini terdiri dari tujuh bab, yaitu: Bab I Pendahuluan, Bab II Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi (PKP Berbasis Zonasi), Bab III Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi, Bab IV Penilaian, Pensertifikatan dan Pelaporan, Bab V Standar Penyelenggaraan, Bab VI Penjaminan Mutu, dan Bab VI Penutup.
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional pasal 57 menyatakan bahwa penilaian dilakukan dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Evaluasi dilakukan terhadap penerima didik, lembaga, dan acara pendidikan pada jalur formal dan nonformal untuk semua jenjang, satuan, dan jenis pendidikan.
Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) merupakan penggalan yang tidak sanggup dipisahkan dari sistem pendidikan nasional. UN ialah sistem penilaian standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar tempat yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. Sebagai penggalan dari evaluasi, Indonesia melaksanakan benchmark internasional dengan mengikuti Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) dan Programme for International Student Assessment (PISA).
Hasil TIMMS tahun 2015 untuk kelas IV sekolah dasar, Indonesia mendapatkan rata-rata nilai 397 dan menempati peringkat 4 terbawah dari 43 negara yang mengikuti TIMMS (Sumber: TIMMS 2015 International Database). Sekitar 75% item yang diujikan dalam TIMSS telah diajarkan di kelas IV SD dan hal tersebut lebih tinggi dibanding Korea Selatan yang hanya 68%, namun kedalaman pemahamannya masih kurang. Dari sisi usang pembelajaran siswa SD dan jumlah jam pelajaran matematika, Indonesia termasuk paling usang di antara negara lainnya, tetapi kualitas pembelajarannya masih perlu ditingkatkan.
Sementara untuk PISA tahun 2015, Indonesia mendapatkan rata-rata nilai 403 untuk sains (peringkat ketiga dari bawah), 397 untuk membaca (peringkat terakhir), dan 386 untuk matematika (peringkat kedua dari bawah) dari 72 negara capaian Indonesia cukup signifikan dibandingkan hasil tahun 2012, namun capaian secara umum masih di bawah rerata negara OECD (Organisation for Economic Co- operation and Development).
Hasil pengukuran capaian siswa berdasar UN ternyata selaras dengan capaian PISA maupun TIMSS. Hasil UN tahun 2018 memperlihatkan bahwa siswa-siswa masih lemah dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) menyerupai menalar, menganalisa, dan mengevaluasi. Oleh alasannya ialah itu siswa harus dibiasakan dengan soal-soal dan pembelajaran yang berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) biar terdorong kemampuan berpikir kritisnya.
Salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa ialah menyelenggarakan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP).
Untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program PKP mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi. Melalui langkah ini, pengelolaan Pusat Kegiatan Guru (PKG) TK, kelompok kerja guru (KKG) SD, atau musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) SMP/SMA/SMK, dan musyawarah guru bimbingan dan konseling (MGBK), yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon, sanggup terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan pemberdayaan guru. Zonasi memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, menyerupai status pengakuan sekolah, nilai kompetensi guru, capaian nilai rata-rata UN/USBN sekolah, atau pertimbangan mutu lainnya.
Pedoman ini disusun untuk memperlihatkan arah dalam implementasi Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi.
B. Dasar Hukum
Program PKP Berbasis Zonasi dikembangkan dengan memperhatikan beberapa peraturan sebagai berikut.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 wacana Guru dan Dosen.
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 wacana Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 wacana Standar Nasional Pendidikan.
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 wacana Guru sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 wacana Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 wacana Guru.
- Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017 wacana Penguatan Pendidikan Karakter.
- Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 wacana Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2007 wacana Standar Kompetensi Pengawas Sekolah/Madrasah.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 wacana Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 wacana Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2008 wacana Standar Kualifikasi Akademik Konselor.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2008 wacana Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 wacana Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 wacana Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 wacana Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 wacana Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 wacana Standar Penilaian Pendidikan.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 wacana Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan.
C. Tujuan
Pedoman ini disusun untuk memperlihatkan rambu-rambu bagi para pemangku kepentingan dalam menyelenggarakan Program PKP Berbasis Zonasi.
D. Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pedoman Program PKP Berbasis Zonasi ini mencakup:
- Konsepsi Program PKP Berbasis Zonasi.
- Konsepsi Zona Peningkatan Kompetensi Pembelajaran.
- Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi.
- Penilaian dan Sertifikasi.
- Standar Penyelenggaraan.
- Penjaminan Mutu Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi.
BAB II PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN (PKP) BERBASIS ZONASI
A. Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran
1. Pengertian
Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran, selanjutnya akan disingkat dengan Program PKP, merupakan acara yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, hingga dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Program ini merupakan penggalan dari acara Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang diamanatkan oleh Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2005 wacana Guru dan Dosen serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 wacana Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ialah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan keprofesiannya. Pada Program PKB terdahulu yang dikembangkan oleh Ditjen GTK sebelumnya, yang didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional. Sedangkan Program PKP lebih berfokus pada upaya mencerdaskan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi.
2. Kegiatan
Penyiapan Program PKP yang mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi, dilaksanakan oleh Ditjen GTK mulai dari penyusunan Pedoman Program PKP Berbasis Zonasi, Petunjuk Teknis Program PKB Berbasis Zonasi, Buku Pegangan Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur/Guru Inti Program PKP Berbasis Zonasi, Unit Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), soal tes awal dan tes final serta instrumen penjaminan mutu. Pedoman ini memperlihatkan citra utuh wacana Program PKP Berbasis Zonasi. Buku Pegangan Pembekalan Narasumber/Instruktur/Guru Inti memperlihatkan panduan wacana pelaksanaan training khususnya skenario pelatihannya. Unit Pembelajaran berisi materi pembelajaran dalam satu Kompetensi Dasar disertai dengan contoh latihan/kasus/tugas sesuai dengan banyak sekali model pembelajaran yang dipilih. RPP yang disusun oleh tim pengembang merupakan contoh RPP berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi dirancang dalam bentuk training berjenjang mulai dari Pembekalan Narasumber Nasional, Instruktur Nasional, dan Guru Inti yang masing-masing mempunyai pola 60 Jam Pelajaran (JP), dan Pelatihan Guru Sasaran dengan pola 82 JP (dengan pola In-On-In). Lebih lanjut wacana training ini akan dibahas pada Bab III.
B. Zona Peningkatan Kompetensi Pembelajaran
1. Pengertian
Zona peningkatan kompetensi pembelajaran pada hakikatnya merupakan penggalan dari seni administrasi percepatan pembangunan pendidikan yang merata, berkualitas, dan berkeadilan (Integrasi Pembangunan), melalui pengelolaan sentra kegiatan guru (PKG), kelompok kerja guru (KKG), musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), dan musyawarah guru bimbingan dan konseling (MGBK), yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon, khususnya dalam peningkatan kompetensi pembelajaran, yang terintegrasi secara vertikal dari Satuan Pendidikan, Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Pusat sesuai dengan kewenangan masing-masing, yang berkesinambungan dari Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar.
2. Tujuan
Sejalan dengan pengertian di atas, zona peningkatan kompetensi pembelajaran bertujuan untuk:
a. Mewujudkan pemerataan pendidikan yang berkualitas dan berkeadilan.
Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi dirancang dalam bentuk training berjenjang mulai dari Pembekalan Narasumber Nasional, Instruktur Nasional, dan Guru Inti yang masing-masing mempunyai pola 60 Jam Pelajaran (JP), dan Pelatihan Guru Sasaran dengan pola 82 JP (dengan pola In-On-In). Lebih lanjut wacana training ini akan dibahas pada Bab III.
B. Zona Peningkatan Kompetensi Pembelajaran
1. Pengertian
Zona peningkatan kompetensi pembelajaran pada hakikatnya merupakan penggalan dari seni administrasi percepatan pembangunan pendidikan yang merata, berkualitas, dan berkeadilan (Integrasi Pembangunan), melalui pengelolaan sentra kegiatan guru (PKG), kelompok kerja guru (KKG), musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), dan musyawarah guru bimbingan dan konseling (MGBK), yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon, khususnya dalam peningkatan kompetensi pembelajaran, yang terintegrasi secara vertikal dari Satuan Pendidikan, Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Pusat sesuai dengan kewenangan masing-masing, yang berkesinambungan dari Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar.
2. Tujuan
Sejalan dengan pengertian di atas, zona peningkatan kompetensi pembelajaran bertujuan untuk:
a. Mewujudkan pemerataan pendidikan yang berkualitas dan berkeadilan.
b. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas peningkatan kompetensi pembelajaran, di mana kegiatan dilakukan secara terintegrasi dalam satu area wilayah dengan mempertimbangkan jarak, akses, dan volume guru yang ikut serta.
c. Memudahkan dalam melaksanakan pemetaan kompetensi, kinerja, serta kegiatan guru.
d. Memudahkan dalam melaksanakan pembinaan terhadap acara peningkatan kompetensi guru sesuai dengan hasil pemetaan yang dilakukan.
e. Memudahkan dalam melaksanakan supervisi dan koordinasi peningkatan kompetensi pembelajaran.
3. Mekanisme Penetapan Zona Peningkatan Kompetensi Pembelajaran
Penetapan zona peningkatan kompetensi pembelajaran dilakukan dengan mempertimbangkan rambu-rambu berikut:
a. Penetapan zona didasarkan pada pengklasifikasian setiap Satuan Pendidikan berdasarkan definisi/tema zonasi yang akan disusun.
b. Penentuan sekolah nominasi sentra zona mempertimbangkan indikator skala nasional, yaitu Akreditasi Sekolah, serta indikator kontrol yang meliputi hasil Ujian Nasional (UN), Uji Kompetensi Guru (UKG), dan Hasil Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP). Pada tahap ini, pertimbangan terhadap sumbangan sarana dan prasarana dan sumbangan peningkatan kompetensi guru menjadi pertimbangan utama. Pertimbangan terhadap sumbangan sarana dan prasarana harus mempertimbangkan kelayakan ruang kelas, laboratorium komputer dan laboratorium lainnya, sumber listrik, internet, pelaksana UNBK, sanitasi, perpustakaan, dan sarana pendukung lainnya. Sementara itu, untuk pendukung proses berguru mengajar harus mempertimbangkan faktor-faktor guru yang sudah berkualifikasi, bersertifikasi, guru yang mengajar minimal 24 jam, serta faktor lainnya.
c. Perancangan acara peningkatan kompetensi pembelajaran yang ada di zona yang telah ditetapkan harus mempertimbangkan karakteristik satuan pendidikan, baik jarak, akses, maupun jumlah dan sebaran guru.
d. Pemantauan terhadap wilayah-wilayah zonasi melalui pemberdayaan PKG/KKG/MGMP/MGBK dengan sekolah sentra zona sebagai basis kelompok/zona.
4. Pengelolaan Zona Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi
Pengelolaan zona peningkatan kompetensi pembelajaran dilakukan melalui tahapan sebagai berikut:
a. Menetapkan wilayah zona peningkatan kompetensi pembelajaran berdasarkan radius terdekat dengan sekolah yang akan dijadikan tempat kegiatan Program PKP Berbasis Zonasi yang berada di wilayah zonasi yang telah ditentukan.
b. Melakukan analisis jumlah guru sesuai bidang kiprah yang diampu di masing-masing zona.
c. Menetapkan PKG, KKG, MGMP, dan MGBK berdasarkan jumlah keanggotaan pada rentang 10-20 orang per kelompok.
d. Melakukan analisis kebutuhan guru inti untuk masing-masing zona.
1) Idealnya setiap bidang atau mata pelajaran (mapel) pada jenis dan jenjang pendidikan diampu oleh seorang guru inti.
Dengan memakai pendekatan tersebut, jikalau jumlah zonasi sebanyak 4.000 dan jumlah jenis guru semua bidang dan mapel sebanyak 205, maka jumlah kebutuhan guru inti secara nasional ialah sebanyak 820.000 orang.
2) Jika alasannya ialah pertimbangan keterbatasan alokasi pendanaan dan waktu untuk menyiapkan guru inti di masing-masing bidang atau mapel dalam satu zona, maka dimungkinkan untuk diampu oleh satu orang guru inti pada setiap jenis dan jenjang pendidikan atau rumpun mapelnya masing-masing.
Dengan memakai pendekatan berikut, jikalau jumlah zonasi sebanyak 4.000 dan jumlah jenis guru dalam satu rumpun atau lintas jenjang satuan pendidikan sebanyak 16 orang (belum termasuk guru inti untuk SMK. Ini alasannya ialah pembelajran di Sekolah Menengah kejuruan pada umumnya sudah berorientasi pada HOTS. Hal ini sanggup dilihat dari Indikator-indikator pencapaian kompetensi siswa. Indikator-indikator tersebut sudah meliputi indikator untuk C4, C5, dan C6), maka jumlah kebutuhan guru inti secara nasional ialah sebanyak 64.000 orang.
e. Melakukan analisis kebutuhan dan waktu pelaksanaan pembekalan guru inti oleh masing-masing UPT sesuai jumlah guru inti di masing-masing zona.
Jika memakai perkiraan pada poin c.2, di mana jumlah guru inti sebanyak 64.000 orang, maka jumlah kelas yang dibutuhkan dengan rata- rata 40 orang perkelas, sebanyak 1.600 kelas. Jika memakai perkiraan satu satker melatih sebanyak 4.000 orang guru inti atau 100 kelas, dan dilakukan sebanyak 5 tahap, maka dibutuhkan 20 orang widyaiswara atau narasumber.
C. Tujuan dan Manfaat
Tujuan Program PKP Berbasis Zonasi ialah meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan hingga dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).
Manfaat Program PKP Berbasis Zonasi ialah sebagai berikut:
a. Membiasakan guru untuk menciptakan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaiannya;
b. Membiasakan siswa untuk berpikir tingkat tinggi sehingga sanggup meningkatkan kompetensinya;
c. Memberikan pola kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik;
d. Memberikan pola kepada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial.
D. Prinsip Dasar Pelaksanaan Program
c. Memudahkan dalam melaksanakan pemetaan kompetensi, kinerja, serta kegiatan guru.
d. Memudahkan dalam melaksanakan pembinaan terhadap acara peningkatan kompetensi guru sesuai dengan hasil pemetaan yang dilakukan.
e. Memudahkan dalam melaksanakan supervisi dan koordinasi peningkatan kompetensi pembelajaran.
3. Mekanisme Penetapan Zona Peningkatan Kompetensi Pembelajaran
Penetapan zona peningkatan kompetensi pembelajaran dilakukan dengan mempertimbangkan rambu-rambu berikut:
a. Penetapan zona didasarkan pada pengklasifikasian setiap Satuan Pendidikan berdasarkan definisi/tema zonasi yang akan disusun.
b. Penentuan sekolah nominasi sentra zona mempertimbangkan indikator skala nasional, yaitu Akreditasi Sekolah, serta indikator kontrol yang meliputi hasil Ujian Nasional (UN), Uji Kompetensi Guru (UKG), dan Hasil Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP). Pada tahap ini, pertimbangan terhadap sumbangan sarana dan prasarana dan sumbangan peningkatan kompetensi guru menjadi pertimbangan utama. Pertimbangan terhadap sumbangan sarana dan prasarana harus mempertimbangkan kelayakan ruang kelas, laboratorium komputer dan laboratorium lainnya, sumber listrik, internet, pelaksana UNBK, sanitasi, perpustakaan, dan sarana pendukung lainnya. Sementara itu, untuk pendukung proses berguru mengajar harus mempertimbangkan faktor-faktor guru yang sudah berkualifikasi, bersertifikasi, guru yang mengajar minimal 24 jam, serta faktor lainnya.
c. Perancangan acara peningkatan kompetensi pembelajaran yang ada di zona yang telah ditetapkan harus mempertimbangkan karakteristik satuan pendidikan, baik jarak, akses, maupun jumlah dan sebaran guru.
d. Pemantauan terhadap wilayah-wilayah zonasi melalui pemberdayaan PKG/KKG/MGMP/MGBK dengan sekolah sentra zona sebagai basis kelompok/zona.
4. Pengelolaan Zona Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi
Pengelolaan zona peningkatan kompetensi pembelajaran dilakukan melalui tahapan sebagai berikut:
a. Menetapkan wilayah zona peningkatan kompetensi pembelajaran berdasarkan radius terdekat dengan sekolah yang akan dijadikan tempat kegiatan Program PKP Berbasis Zonasi yang berada di wilayah zonasi yang telah ditentukan.
b. Melakukan analisis jumlah guru sesuai bidang kiprah yang diampu di masing-masing zona.
c. Menetapkan PKG, KKG, MGMP, dan MGBK berdasarkan jumlah keanggotaan pada rentang 10-20 orang per kelompok.
d. Melakukan analisis kebutuhan guru inti untuk masing-masing zona.
1) Idealnya setiap bidang atau mata pelajaran (mapel) pada jenis dan jenjang pendidikan diampu oleh seorang guru inti.
Dengan memakai pendekatan tersebut, jikalau jumlah zonasi sebanyak 4.000 dan jumlah jenis guru semua bidang dan mapel sebanyak 205, maka jumlah kebutuhan guru inti secara nasional ialah sebanyak 820.000 orang.
2) Jika alasannya ialah pertimbangan keterbatasan alokasi pendanaan dan waktu untuk menyiapkan guru inti di masing-masing bidang atau mapel dalam satu zona, maka dimungkinkan untuk diampu oleh satu orang guru inti pada setiap jenis dan jenjang pendidikan atau rumpun mapelnya masing-masing.
Dengan memakai pendekatan berikut, jikalau jumlah zonasi sebanyak 4.000 dan jumlah jenis guru dalam satu rumpun atau lintas jenjang satuan pendidikan sebanyak 16 orang (belum termasuk guru inti untuk SMK. Ini alasannya ialah pembelajran di Sekolah Menengah kejuruan pada umumnya sudah berorientasi pada HOTS. Hal ini sanggup dilihat dari Indikator-indikator pencapaian kompetensi siswa. Indikator-indikator tersebut sudah meliputi indikator untuk C4, C5, dan C6), maka jumlah kebutuhan guru inti secara nasional ialah sebanyak 64.000 orang.
e. Melakukan analisis kebutuhan dan waktu pelaksanaan pembekalan guru inti oleh masing-masing UPT sesuai jumlah guru inti di masing-masing zona.
Jika memakai perkiraan pada poin c.2, di mana jumlah guru inti sebanyak 64.000 orang, maka jumlah kelas yang dibutuhkan dengan rata- rata 40 orang perkelas, sebanyak 1.600 kelas. Jika memakai perkiraan satu satker melatih sebanyak 4.000 orang guru inti atau 100 kelas, dan dilakukan sebanyak 5 tahap, maka dibutuhkan 20 orang widyaiswara atau narasumber.
C. Tujuan dan Manfaat
Tujuan Program PKP Berbasis Zonasi ialah meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan hingga dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).
Manfaat Program PKP Berbasis Zonasi ialah sebagai berikut:
a. Membiasakan guru untuk menciptakan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaiannya;
b. Membiasakan siswa untuk berpikir tingkat tinggi sehingga sanggup meningkatkan kompetensinya;
c. Memberikan pola kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik;
d. Memberikan pola kepada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial.
D. Prinsip Dasar Pelaksanaan Program
1. Taat Azas
Program dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku, baik yang diselenggarakan di pusat, provinsi maupun di kabupaten/kota.
2. Berbasis Kompetensi
Program merupakan upaya Pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan dan oleh akhirnya acara ini berpedoman pada standar isi, kompetensi inti dan kompetensi dasar, standar proses, dan standar penilaian pada Kurikulum 2013.
3. Terstandar
Pengelolaan Program harus memenuhi standar yang ditetapkan meliputi standar pengelolaan, standar fasilitator, standar sarana dan prasarana, standar penilaian, standar penyelenggaraan, standar waktu pelaksanaan, dan standar sertifikat.
4. Profesional
Hasil analisa kesulitan penerima didik dalam mengikuti UN dan USBN menjadi dasar untuk PKP guru sesuai dengan jenjang satuan pendidikan. Selain itu, hasil UKG guru TK, SD, SLB, SMP, SMA, dan Sekolah Menengah kejuruan dan hasil UKK guru kejuruan digunakan dalam analisis kebutuhan peningkatan kompetensi di masing- masing PKG, KKG, MGMP, atau MGBK.
5. Transparan
Proses perencanaan dan pelaksanaan mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga dengan pelaporan dilakukan secara terbuka dan transparan serta sanggup diketahui semua pihak yang berkepentingan.
6. Akuntabel
Proses dan hasil Program sanggup dipertanggungjawabkan kepada pemangku kepentingan pendidikan secara administratif, finansial, dan akademik. Kredibilitas dari pelaksanaan proses dan hasil acara sanggup mengemban amanah semua pihak.
7. Berkeadilan
Semua guru pada setiap sekolah diharapkan akan mengikuti Program PKP Berbasis Zonasi. Untuk mensukseskan penyelenggaraan Program PKP Berbasis Zonasi serta pertimbangan akan adanya keterbatasan dana di Pusat, maka diharapkan Pemda sanggup membantu dan berkontribusi dalam mengalokasikan dana melalui APBD sehingga kekurangan tersebut sanggup diatasi.
E. Sasaran Program Diklat
Program dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku, baik yang diselenggarakan di pusat, provinsi maupun di kabupaten/kota.
2. Berbasis Kompetensi
Program merupakan upaya Pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan dan oleh akhirnya acara ini berpedoman pada standar isi, kompetensi inti dan kompetensi dasar, standar proses, dan standar penilaian pada Kurikulum 2013.
3. Terstandar
Pengelolaan Program harus memenuhi standar yang ditetapkan meliputi standar pengelolaan, standar fasilitator, standar sarana dan prasarana, standar penilaian, standar penyelenggaraan, standar waktu pelaksanaan, dan standar sertifikat.
4. Profesional
Hasil analisa kesulitan penerima didik dalam mengikuti UN dan USBN menjadi dasar untuk PKP guru sesuai dengan jenjang satuan pendidikan. Selain itu, hasil UKG guru TK, SD, SLB, SMP, SMA, dan Sekolah Menengah kejuruan dan hasil UKK guru kejuruan digunakan dalam analisis kebutuhan peningkatan kompetensi di masing- masing PKG, KKG, MGMP, atau MGBK.
5. Transparan
Proses perencanaan dan pelaksanaan mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga dengan pelaporan dilakukan secara terbuka dan transparan serta sanggup diketahui semua pihak yang berkepentingan.
6. Akuntabel
Proses dan hasil Program sanggup dipertanggungjawabkan kepada pemangku kepentingan pendidikan secara administratif, finansial, dan akademik. Kredibilitas dari pelaksanaan proses dan hasil acara sanggup mengemban amanah semua pihak.
7. Berkeadilan
Semua guru pada setiap sekolah diharapkan akan mengikuti Program PKP Berbasis Zonasi. Untuk mensukseskan penyelenggaraan Program PKP Berbasis Zonasi serta pertimbangan akan adanya keterbatasan dana di Pusat, maka diharapkan Pemda sanggup membantu dan berkontribusi dalam mengalokasikan dana melalui APBD sehingga kekurangan tersebut sanggup diatasi.
E. Sasaran Program Diklat
Sasaran Program PKP Berbasis Zonasi ialah guru pada semua jenjang satuan pendidikan mulai dari TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB, dan SMK/SMKLB.
F. Penyelenggara Program PKP Berbasis Zonasi
Program PKP Berbasis Zonasi merupakan kegiatan yang dikoordinasikan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melibatkan UPT, Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, masyarakat penyelenggara satuan pendidikan, asosiasi profesi guru serta komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).
Penyelenggara Program PKP Berbasis Zonasi di tingkat Pusat ialah PPPPTK, LPPPTK-KPTK, dan LPPKS dengan wilayah binaan menyerupai pada Lampiran 1, dengan ketentuan sebagai berikut:
G. Pembagian Tugas dan Peran
Tugas dan kiprah masing-masing sanggup diuraikan sebagai berikut.
1. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Ditjen GTK ialah unit utama penyelenggara Program PKP Berbasis Zonasi secara nasional dengan kiprah sebagai berikut.
a. Mengembangkan kebijakan pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi.
F. Penyelenggara Program PKP Berbasis Zonasi
Program PKP Berbasis Zonasi merupakan kegiatan yang dikoordinasikan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melibatkan UPT, Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, masyarakat penyelenggara satuan pendidikan, asosiasi profesi guru serta komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).
Penyelenggara Program PKP Berbasis Zonasi di tingkat Pusat ialah PPPPTK, LPPPTK-KPTK, dan LPPKS dengan wilayah binaan menyerupai pada Lampiran 1, dengan ketentuan sebagai berikut:
- Pelaksana Program PKP Berbasis Zonasi bagi guru SD (SD) ialah PPPPTK Matematika, PPPPTK IPS, PPPPTK IPA, PPPPTK Bahasa, PPPPTK Penjas dan BK, PPPPTK Taman Kanak-kanak dan PLB, serta LPPKS.
- Pelaksana Program PKP Berbasis Zonasi bagi guru mata pelajaran umum pada jenjang TK, PLB, SMP, Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan ialah PPPPTK sesuai bidang mapelnya dengan sasaran wilayah seluruh Indonesia, kecuali bagi mapel terapan menyerupai Matematika, IPA, Fisika, Kimia, Biologi dan lain-lain, dilaksanakan oleh PPPPTK Kejuruan yang relevan.
- Pelaksana Program PKP Berbasis Zonasi bagi guru mata pelajaran bahasa tempat ialah PPPPTK Bahasa, kecuali untuk mata pelajaran Bahasa Sunda oleh PPPPTK Taman Kanak-kanak dan PLB, Bahasa Bali oleh PPPPTK BOE, Bahasa Jawa oleh PPPPTK Seni dan Budaya, sedangkan Bahasa Madura oleh PPPPTK PKn dan IPS.
- Pelaksana Program PKP Berbasis Zonasi bagi guru mata pelajaran Seni Budaya pada jenjang Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas ialah PPPPTK Seni dan Budaya.
- Pelaksana Program PKP Berbasis Zonasi bagi guru TIK jenjang SMP, Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan ialah LPPPTK-KPTK dengan wilayah perwalian seluruh Indonesia.
- Pelaksana Program PKP Berbasis Zonasi bagi guru Prakarya Bidang Keahlian Kerajinan ialah PPPPTK Seni dan Budaya, sedangkan Tata Boga oleh PPPPTK Bisnis dan Pariwisata.
- Pelaksana Program PKP Berbasis Zonasi pada jenjang Sekolah Menengah kejuruan untuk bidang Teknologi dan Rekayasa, Energi dan Pertambangan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kesehatan dan Pekerjaan Sosial, Agribisnis dan Agroteknologi, Kemaritiman, Bisnis dan Manajemen, Pariwisata, Seni dan Industri Kreatif ialah PPPPTK Kejuruan dan LPPPTK-KPTK terkait dengan wilayah perwalian seluruh Indonesia.
- Pelaksana Program PKP Berbasis Zonasi bagi guru Bidang Keahlian Kemaritiman pada Kompetensi Keahlian Agribisnis Ikan Air Tawar, Agribisnis Ikan Hias dan Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan ialah PPPPTK Pertanian dengan wilayah perwalian seluruh Indonesia.
G. Pembagian Tugas dan Peran
Tugas dan kiprah masing-masing sanggup diuraikan sebagai berikut.
1. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Ditjen GTK ialah unit utama penyelenggara Program PKP Berbasis Zonasi secara nasional dengan kiprah sebagai berikut.
a. Mengembangkan kebijakan pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi.
b. Menyusun Pedoman Program PKP Berbasis Zonasi.
c. Menyusun Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi.
c. Menyusun Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi.
d. Menyusun perangkat untuk pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi.
e. Mengkoordinasikan pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi pada semua jenjang.
f. Melaksanakan penyamaan persepsi tim pengembang/fasilitator pembekalan Narasumber Nasional.
g. Melaksanakan Pembekalan Narasumber Nasional Program PKP Berbasis Zonasi.
h. Mengembangkan sistem penjaminan mutu dalam pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi.
i. Mengembangkan sistem monitoring dan penilaian pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi.
j. Melaksanakan monitoring dan penilaian Program PKP Berbasis Zonasi.
2. PPPPTK, LPPPTK-KPTK, dan LPPKS
PPPPTK, LPPPTK-KPTK, dan LPPKS ialah UPT Ditjen GTK yang melaksanakan Program PKP Berbasis Zonasi dengan tugas-tugas sebagai berikut.
a. Mengkoordinasikan pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi dengan pihak terkait.
b. Melaksanakan Pembekalan Narasumber Nasional (jika didelegasikan oleh GTK).
c. Melaksanakan Pembekalan Instruktur Nasional.
e. Mengkoordinasikan pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi pada semua jenjang.
f. Melaksanakan penyamaan persepsi tim pengembang/fasilitator pembekalan Narasumber Nasional.
g. Melaksanakan Pembekalan Narasumber Nasional Program PKP Berbasis Zonasi.
h. Mengembangkan sistem penjaminan mutu dalam pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi.
i. Mengembangkan sistem monitoring dan penilaian pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi.
j. Melaksanakan monitoring dan penilaian Program PKP Berbasis Zonasi.
2. PPPPTK, LPPPTK-KPTK, dan LPPKS
PPPPTK, LPPPTK-KPTK, dan LPPKS ialah UPT Ditjen GTK yang melaksanakan Program PKP Berbasis Zonasi dengan tugas-tugas sebagai berikut.
a. Mengkoordinasikan pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi dengan pihak terkait.
b. Melaksanakan Pembekalan Narasumber Nasional (jika didelegasikan oleh GTK).
c. Melaksanakan Pembekalan Instruktur Nasional.
d. Melaksanakan Pembekalan Guru Inti.
e. Melaksanakan Program PKP Berbasis Zonasi.
f. Melaksanakan monitoring dan penilaian Program PKP Berbasis Zonasi.
3. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Balai, UPT
a. Mengkoordinasikan pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi dengan pihak terkait.
b. Melaksanakan Pembekalan Guru Inti.
c. Melaksanakan Program PKP Berbasis Zonasi.
d. Melaksanakan monitoring dan penilaian Program PKP Berbasis Zonasi.
4. Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota
a. Dinas Pendidikan Provinsi
e. Melaksanakan Program PKP Berbasis Zonasi.
f. Melaksanakan monitoring dan penilaian Program PKP Berbasis Zonasi.
3. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Balai, UPT
a. Mengkoordinasikan pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi dengan pihak terkait.
b. Melaksanakan Pembekalan Guru Inti.
c. Melaksanakan Program PKP Berbasis Zonasi.
d. Melaksanakan monitoring dan penilaian Program PKP Berbasis Zonasi.
4. Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota
a. Dinas Pendidikan Provinsi
1) Mengkoordinasikan Program PKP Berbasis Zonasi di provinsi masing-masing.
2) Melaksanakan Program PKP Berbasis Zonasi bekerja sama dengan UPT.
3) Menetapkan sekolah sebagai sentra zona Program PKP Berbasis Zonasi sesuai dengan prasyarat yang ditetapkan.
4) Menugaskan/mengijinkan guru sebagai calon pelatih nasional, guru inti dan guru untuk mengikuti pembekalan pelatih nasional, pembekalan guru inti, atau menjadi penerima Program PKP Berbasis Zonasi.
b. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
1) Mengkoordinasikan Program PKP Berbasis Zonasi di kabupaten/kota masing-masing.
2) Melaksanakan Program PKP Berbasis Zonasi bekerja sama dengan UPT.
3) Menugaskan/mengijinkan guru sebagai calon pelatih nasional, guru inti, dan guru untuk mengikuti pembekalan pelatih nasional, pembekalan guru inti, atau menjadi penerima Program PKP Berbasis Zonasi.
c. Komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (PKG/KKG/MGMP/MGBK)
1) Melakukan pendataan terhadap anggota komunitasnya.
2) Mengkoordinasikan pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi di kelompok kerjanya masing-masing PKG, KKG, MGMP, atau MGBK.
3) Melaksanakan Program PKP Berbasis Zonasi di kelompok kerjanya.
4) Melakukan penilaian secara internal berkenaan dengan pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi di kelompok kerjanya.
5) Komunitas yang mendapatkan Bantuan Pemerintah untuk Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi wajib memberikan laporan hasil pelaksanaan acara kepada UPT pemberi Bantuan Pemerintah.
BAB III PELAKSANAAN PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN BERBASIS ZONASI
A. Mekanisme Pelaksanaan
Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi dirancang dalam bentuk training berjenjang mulai dari Pembekalan Narasumber Nasional, Instruktur Nasional, dan Guru Inti.
2) Melaksanakan Program PKP Berbasis Zonasi bekerja sama dengan UPT.
3) Menetapkan sekolah sebagai sentra zona Program PKP Berbasis Zonasi sesuai dengan prasyarat yang ditetapkan.
4) Menugaskan/mengijinkan guru sebagai calon pelatih nasional, guru inti dan guru untuk mengikuti pembekalan pelatih nasional, pembekalan guru inti, atau menjadi penerima Program PKP Berbasis Zonasi.
b. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
1) Mengkoordinasikan Program PKP Berbasis Zonasi di kabupaten/kota masing-masing.
2) Melaksanakan Program PKP Berbasis Zonasi bekerja sama dengan UPT.
3) Menugaskan/mengijinkan guru sebagai calon pelatih nasional, guru inti, dan guru untuk mengikuti pembekalan pelatih nasional, pembekalan guru inti, atau menjadi penerima Program PKP Berbasis Zonasi.
c. Komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (PKG/KKG/MGMP/MGBK)
1) Melakukan pendataan terhadap anggota komunitasnya.
2) Mengkoordinasikan pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi di kelompok kerjanya masing-masing PKG, KKG, MGMP, atau MGBK.
3) Melaksanakan Program PKP Berbasis Zonasi di kelompok kerjanya.
4) Melakukan penilaian secara internal berkenaan dengan pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi di kelompok kerjanya.
5) Komunitas yang mendapatkan Bantuan Pemerintah untuk Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi wajib memberikan laporan hasil pelaksanaan acara kepada UPT pemberi Bantuan Pemerintah.
BAB III PELAKSANAAN PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN BERBASIS ZONASI
A. Mekanisme Pelaksanaan
Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi dirancang dalam bentuk training berjenjang mulai dari Pembekalan Narasumber Nasional, Instruktur Nasional, dan Guru Inti.
B. Struktur Program dan Alokasi Waktu
Struktur Program PKP Berbasis Zonasi sesuai dengan jenis dan tahapannya terdiri dari:
1. Workshop Tim Pengembang
2. Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Guru Inti
3. Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi
Program PKP Berbasis Zonasi dilaksanakan dengan pola pembelajaran sebagai berikut.
1. Pelaksanaan In (in service learning)
Pada kegiatan In, penerima dan fasilitator akan melaksanakan pertemuan tatap muka di sentra zona atau tempat lain yang telah ditetapkan. Selama kegiatan ini, partisipasi dan sikap penerima selama kegiatan berlangsung dinilai oleh fasilitator sebagai salah satu unsur penilaian kegiatan peningkatan kompetensi pembelajaran berbasis zonasi. Hasil yang diharapkan selama kegiatan In diubahsuaikan dengan materi yang disampaikan, baik teori maupun praktik, serta tagihan yang harus dikerjakan oleh peserta.
2. Pelaksanaan On (on the job learning)
Peserta On ialah guru yang telah mengikuti kegiatan In-1 dan In-2. Setiap kegiatan On dilakukan di sekolah masing-masing penerima selama lebih kurang 1 ahad atau setara dengan 10 JP (asumsi 2JP/hari). Hasil yang diharapkan selama kegiatan On diubahsuaikan dengan praktik yang harus dilakukan peserta, serta tagihan yang harus dikerjakan selama kegiatan.
C. Sistem Informasi Manajemen (SIM)SIM atau Sistem informasi administrasi terdiri atas kumpulan interaksi dari sub-sub sistem informasi yang berfungsi untuk mengelola data dan menghasilkan informasi untuk membantu pengambilan keputusan serta digunakan untuk melaksanakan pengawasan atau kontrol, analisis dan penilaian acara secara menyeluruh.
Tujuan dari SIM ialah untuk mengelola data kelas, fasilitator, dan peserta. Ruang lingkup dari SIM terdiri atas:
D. Narasumber, Instruktur, dan Guru Inti
1. Narasumber Nasional
Tim Narasumber Nasional merupakan Tim yang berada di Satker di lingkungan Ditjen GTK, yaitu widyaiswara dan pengembang teknologi pembelajaran PPPPTK, LPPPTK-KPTK, dan LPPKS. Selain di lingkungan Ditjen GTK, sanggup juga melibatkan dosen LPTK.
2. Instruktur Nasional
Tim Instruktur Nasional merupakan Tim yang berada di Tingkat Provinsi/Kabupaten/ Kota. Tim pelatih terdiri dari widyaiswara LPMP dan guru terbaik di Provinsi/Kabupaten/Kota.
3. Guru Inti
Guru Inti merupakan guru terbaik yang berada pada Zonasi Pengelompokan PKG, KKG, MGMP, atau MGBK. Guru Inti bersentuhan pribadi dengan Guru Sasaran di Zonasi Pengelompokan PKG, KKG, MGMP, atau MGBK.
E. Peserta
Struktur Program PKP Berbasis Zonasi sesuai dengan jenis dan tahapannya terdiri dari:
1. Workshop Tim Pengembang
2. Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Guru Inti
3. Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi
Program PKP Berbasis Zonasi dilaksanakan dengan pola pembelajaran sebagai berikut.
1. Pelaksanaan In (in service learning)
Pada kegiatan In, penerima dan fasilitator akan melaksanakan pertemuan tatap muka di sentra zona atau tempat lain yang telah ditetapkan. Selama kegiatan ini, partisipasi dan sikap penerima selama kegiatan berlangsung dinilai oleh fasilitator sebagai salah satu unsur penilaian kegiatan peningkatan kompetensi pembelajaran berbasis zonasi. Hasil yang diharapkan selama kegiatan In diubahsuaikan dengan materi yang disampaikan, baik teori maupun praktik, serta tagihan yang harus dikerjakan oleh peserta.
2. Pelaksanaan On (on the job learning)
Peserta On ialah guru yang telah mengikuti kegiatan In-1 dan In-2. Setiap kegiatan On dilakukan di sekolah masing-masing penerima selama lebih kurang 1 ahad atau setara dengan 10 JP (asumsi 2JP/hari). Hasil yang diharapkan selama kegiatan On diubahsuaikan dengan praktik yang harus dilakukan peserta, serta tagihan yang harus dikerjakan selama kegiatan.
C. Sistem Informasi Manajemen (SIM)SIM atau Sistem informasi administrasi terdiri atas kumpulan interaksi dari sub-sub sistem informasi yang berfungsi untuk mengelola data dan menghasilkan informasi untuk membantu pengambilan keputusan serta digunakan untuk melaksanakan pengawasan atau kontrol, analisis dan penilaian acara secara menyeluruh.
Tujuan dari SIM ialah untuk mengelola data kelas, fasilitator, dan peserta. Ruang lingkup dari SIM terdiri atas:
- Rekrutmen dan penetapan data peserta, fasilitator, zonasi, dan PKG, KKG, MGMP, atau MGBK dalam zona.
- Pengelompokan penerima dan fasilitator ke dalam kelas PKP Berbasis Zonasi.
- Merekap seluruh data kegiatan Program PKP Berbasis Zonasi.
- Pengelolaan kelas pembekalan NS/IN/GI dan kelas PKP Berbasis Zonasi bagi guru sasaran.
- Pengelolaan data peserta, fasilitator, dan PKG, KKG, MGMP, atau MGBK.
- Pengelolaan pelaporan pelaksanaan PKP Berbasis Zonasi, meliputi daftar hadir, rekapitulasi penilaian proses, dan penilaian kompetensi.
- Penerbitan surat keterangan bagi guru inti yang telah bertugas sebagai fasilitator dalam Program PKP Berbasis Zonasi.
- Penerbitan akta Program PKP Berbasis Zonasi bagi guru sasaran.
D. Narasumber, Instruktur, dan Guru Inti
1. Narasumber Nasional
Tim Narasumber Nasional merupakan Tim yang berada di Satker di lingkungan Ditjen GTK, yaitu widyaiswara dan pengembang teknologi pembelajaran PPPPTK, LPPPTK-KPTK, dan LPPKS. Selain di lingkungan Ditjen GTK, sanggup juga melibatkan dosen LPTK.
2. Instruktur Nasional
Tim Instruktur Nasional merupakan Tim yang berada di Tingkat Provinsi/Kabupaten/ Kota. Tim pelatih terdiri dari widyaiswara LPMP dan guru terbaik di Provinsi/Kabupaten/Kota.
3. Guru Inti
Guru Inti merupakan guru terbaik yang berada pada Zonasi Pengelompokan PKG, KKG, MGMP, atau MGBK. Guru Inti bersentuhan pribadi dengan Guru Sasaran di Zonasi Pengelompokan PKG, KKG, MGMP, atau MGBK.
E. Peserta
Peserta ialah semua guru yang ada pada zonasi pengelompokan PKG, KKG, MGMP, atau MGBK.
F. Pembiayaan
Program PKP Berbasis Zonasi sanggup didanai melalui APBN, APBD, berdikari atau partisipasi dari masyarakat/lembaga pendidikan. Penggunaan dana menganut prinsip efisiensi dan efektivitas.
F. Pembiayaan
Program PKP Berbasis Zonasi sanggup didanai melalui APBN, APBD, berdikari atau partisipasi dari masyarakat/lembaga pendidikan. Penggunaan dana menganut prinsip efisiensi dan efektivitas.
BAB IV PENILAIAN, SERTIFIKAT, DAN PELAPORAN
A. Penilaian
Penilaian dalam Program PKP berbasis zonasi dilakukan secara komprehensif, meliputi penilaian terhadap peserta, penilaian terhadap fasilitator, dan penilaian terhadap penyelenggaraan kegiatan. Berikut ini dijelaskan masing-masing penilaian sebagai berikut.
1. Penilaian terhadap Peserta
a. Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Guru Inti
1) Tujuan Penilaian
Penilaian terhadap penerima bertujuan untuk mengukur kompetensi penerima melalui ketercapaian indikator kompetensi dan keberhasilan tujuan pembelajaran.
2) Aspek Penilaian
Aspek yang dinilai meliputi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penilaian dilakukan melalui tes untuk aspek pengetahuan, sedangkan untuk aspek sikap dan keterampilan memakai instrumen non-tes melalui pengamatan selama kegiatan berlangsung dengan memakai format-format penilaian yang ada pada lampiran 2 dan lampiran 3.
3) Nilai Akhir dan Predikat
Nilai Akhir (NA) Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Guru Inti memakai rumus sebagai berikut:
NA = [{(NS x40%)+(NK x60%)}x 70%]+[TAx 30%]
NA = Nilai Akhir
NS NK = Nilai Sikap (rerata dari semua aspek sikap yang dinilai) Nilai Keterampilan (rerata dari nilai keterampilan semua materi)
TA = Nilai Tes Akhir
Adapun predikat yang digunakan ialah sebagai berikut.
Predikat dari Nilai Akhir pada Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Guru Inti Angka Predikat
> 90 – 100 Amat Baik
> 80 – 90 Baik
> 70 – 80 Cukup
> 60 – 70 Sedang
< 60 Kurang
Peserta Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional yang sanggup ditetapkan sebagai Narasumber Nasional/Instruktur Nasional minimal menerima predikat baik, sedangkan Peserta Pembekalan Guru Inti yang sanggup ditetapkan sebagai Guru Inti menerima predikat minimal cukup.
b. Program PKP Berbasis Zonasi
Pada Program PKP Berbasis Zonasi, komponen yang dinilai meliputi proses kegiatan training dan produk atau hasil belajar.
1) Penilaian Proses
Komponen penilaian proses kegiatan dilakukan untuk mengetahui partisipasi dan sikap penerima pada aspek kerjasama, disiplin, tanggungjawab, dan keaktifan ketika mendapatkan materi, melaksanakan kiprah individu dan kelompok, mengemukakan pendapat dan bertanya jawab, serta ketika berinteraksi dengan fasilitator dan penerima lain. Penilaian proses meliputi kehadiran, sikap, serta partisipasi selama kegiatan IN.
Penilaian proses dilakukan mulai awal hingga final kegiatan secara terus menerus yang dilakukan oleh fasilitator pada setiap materi di kegiatan IN. Namun, untuk nilai final proses ditentukan di hari terakhir atau menjelang kegiatan berakhir yang merupakan kesimpulan fasilitator terhadap penerima selama proses kegiatan dari awal hingga final berlangsung. Hasil penilaian proses dituangkan dalam format Penilaian Proses yang sanggup dilihat pada lampiran Juknis Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi.
2) Monitoring dan Penilaian Hasil Belajar/Tagihan
Penilaian hasil belajar/tagihan dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan penerima dalam mendemonstrasikan pemahaman dan penerapan pengetahuan yang diperoleh, serta keterampilan yang mendukung kompetensi dan indikator. Penilaian hasil belajar/tagihan memakai pendekatan penilaian autentik terhadap tagihan yang dikerjakan. Instrumen yang digunakan untuk menilai produk dituangkan dalam format Monitoring dan Penilaian Hasil Belajar/Tagihan dan Instrumen Pembelajaran yang sanggup dilihat pada lampiran Juknis Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi.
1. Penilaian terhadap Peserta
a. Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Guru Inti
1) Tujuan Penilaian
Penilaian terhadap penerima bertujuan untuk mengukur kompetensi penerima melalui ketercapaian indikator kompetensi dan keberhasilan tujuan pembelajaran.
2) Aspek Penilaian
Aspek yang dinilai meliputi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penilaian dilakukan melalui tes untuk aspek pengetahuan, sedangkan untuk aspek sikap dan keterampilan memakai instrumen non-tes melalui pengamatan selama kegiatan berlangsung dengan memakai format-format penilaian yang ada pada lampiran 2 dan lampiran 3.
3) Nilai Akhir dan Predikat
Nilai Akhir (NA) Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Guru Inti memakai rumus sebagai berikut:
NA = [{(NS x40%)+(NK x60%)}x 70%]+[TAx 30%]
NA = Nilai Akhir
NS NK = Nilai Sikap (rerata dari semua aspek sikap yang dinilai) Nilai Keterampilan (rerata dari nilai keterampilan semua materi)
TA = Nilai Tes Akhir
Adapun predikat yang digunakan ialah sebagai berikut.
Predikat dari Nilai Akhir pada Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Guru Inti Angka Predikat
> 90 – 100 Amat Baik
> 80 – 90 Baik
> 70 – 80 Cukup
> 60 – 70 Sedang
< 60 Kurang
Peserta Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional yang sanggup ditetapkan sebagai Narasumber Nasional/Instruktur Nasional minimal menerima predikat baik, sedangkan Peserta Pembekalan Guru Inti yang sanggup ditetapkan sebagai Guru Inti menerima predikat minimal cukup.
b. Program PKP Berbasis Zonasi
Pada Program PKP Berbasis Zonasi, komponen yang dinilai meliputi proses kegiatan training dan produk atau hasil belajar.
1) Penilaian Proses
Komponen penilaian proses kegiatan dilakukan untuk mengetahui partisipasi dan sikap penerima pada aspek kerjasama, disiplin, tanggungjawab, dan keaktifan ketika mendapatkan materi, melaksanakan kiprah individu dan kelompok, mengemukakan pendapat dan bertanya jawab, serta ketika berinteraksi dengan fasilitator dan penerima lain. Penilaian proses meliputi kehadiran, sikap, serta partisipasi selama kegiatan IN.
Penilaian proses dilakukan mulai awal hingga final kegiatan secara terus menerus yang dilakukan oleh fasilitator pada setiap materi di kegiatan IN. Namun, untuk nilai final proses ditentukan di hari terakhir atau menjelang kegiatan berakhir yang merupakan kesimpulan fasilitator terhadap penerima selama proses kegiatan dari awal hingga final berlangsung. Hasil penilaian proses dituangkan dalam format Penilaian Proses yang sanggup dilihat pada lampiran Juknis Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi.
2) Monitoring dan Penilaian Hasil Belajar/Tagihan
Penilaian hasil belajar/tagihan dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan penerima dalam mendemonstrasikan pemahaman dan penerapan pengetahuan yang diperoleh, serta keterampilan yang mendukung kompetensi dan indikator. Penilaian hasil belajar/tagihan memakai pendekatan penilaian autentik terhadap tagihan yang dikerjakan. Instrumen yang digunakan untuk menilai produk dituangkan dalam format Monitoring dan Penilaian Hasil Belajar/Tagihan dan Instrumen Pembelajaran yang sanggup dilihat pada lampiran Juknis Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi.
Selanjutnya, berdasarkan pada hasil penilaian proses dan penilaian hasil belajar/tagihan, maka fasilitator dan Pengawas Sekolah akan melaksanakan penilaian secara menyeluruh kepada penerima dengan memakai format Penilaian Program PKP yangdapat dilihat pada lampiran Juknis Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi. Penilaian Kompetensi penerima Program PKP Berbasis Zonasi dinyatakan sebagai berikut:
Peserta dinyatakan kompeten jikalau fasilitator dan pengawas sekolah menyatakan kompeten. Jika pada final kegiatan penerima dinyatakan belum kompeten, maka yang bersangkutan diberi kesempatan untuk menuntaskan semua tagihan selama satu minggu.
2. Penilaian terhadap Fasilitator
Penilaian terhadap fasilitator ialah pengukuran dan penilaian kepada fasilitator yang dilakukan oleh penerima pada ketika fasilitator melaksanakan kiprah mengelola pembelajaran pada setiap materi pembelajaran yang dikelola baik pada Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Guru Inti. Instrumen penilaian yang digunakan ialah lembar pengamatan. Adapun unsur-unsur yang dinilai meliputi:
1) Sistematika penyajian
2) Kemampuan menyajikan
3) Ketepatan waktu dan kehadiran
4) Penggunaan metode dan alat bantu pembelajaran
5) Sikap dan perilaku
6) Cara menjawab pertanyaan dari peserta
7) Penggunaan bahasa
8) Pemberian motivasi kepada peserta
9) Kerapian berpakaian
10) Kerjasama antar fasilitator (dalam tim)
Format penilaian fasilitator sanggup dilihat pada lampiran 4.
Di samping lembar pengamatan sebagai instrumen penilaian terhadap fasilitator, pada kegiatan Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Guru Inti, kepuasan penerima terhadap proses pembelajaran diperoleh dengan memakai instrumen Smiley Face dan Bull’s Eye. Instrumen Bull’s Eye digunakan untuk mengukur kepuasan penerima terhadap proses pembelajaran sekaligus penyelenggaraan Program Diklat secara menyeluruh. Instrumen Smiley Face diisi oleh penerima pada setiap hari genap dan instrumen Bull’s Eye akan diisi oleh penerima pada setiap hari ganjil. Instrumen Smiley Face dan instrumen Bull’s Eye sanggup dilihat pada lampiran 5 dan lampiran 6.
3. Penilaian Penyelenggaraan Kegiatan
Penilaian terhadap penyelenggaraan kegiatan ialah pengukuran dan penilaian kepada penyelenggara yang dilakukan oleh penerima pada ketika mengikuti kegiatan Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Guru Inti, atau Program PKP. Penilaian kinerja penyelenggara dilakukan terhadap pencapaian sasaran mutu penyelenggara. Adapun unsur-unsur yang dinilai meliputi:
1) Administrasi Penyelenggaraan Kegiatan
2) Sarana Prasarana Penunjang Kegiatan
3) Bahan Kegiatan
4) Jangka Waktu Pelaksanaan Kegiatan
5) Layanan Menu
Format penilaian penyelenggaraan kegiatan sanggup dilihat pada lampiran 7.
B. Sertifikat
Peserta yang telah selesai mengikuti Pembekalan Narasumber Nasional dan mendapatkan predikat minimal baik akan mendapatkan akta yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan atau pihak yang didelegasikan. Peserta yang telah selesai mengikuti Pembekalan Instruktur Nasional dan mendapatkan predikat minimal baik akan mendapatkan akta yang ditandatangani oleh Kepala PPPPTK/LPPPTK-KPTK/LPPKS. Peserta yang telah selesai mengikuti Pembekalan Guru Inti dan mendapatkan predikat minimal cukup akan mendapatkan akta yang ditandatangani Kepala PPPPTK/LPPPTK- KPTK/LPPKS. Contoh akta sanggup dilihat pada lampiran 8.
Guru yang telah mengikuti Program PKP Berbasis Zonasi dan dinyatakan kompeten akan menerima sertifikat. Sertifikat ditandatangani Kepala PPPPTK/LPPPTK-KPTK/LPPKS dan dicetak melalui SIMPKB. Sertifikat sanggup diproses pencetakannya jikalau penerima sudah dinyatakan KOMPETEN dan kelas PKP Berbasis Zonasi sudah ditutup oleh operator UPT. Contoh akta sanggup dilihat pada lampiran 9.
Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Guru Inti yang telah selesai memperlihatkan fasilitasi akan mendapatkan surat keterangan. Contoh surat keterangan sanggup dilihat pada lampiran 10.
C. Pelaporan
Pelaporan Administrasi
Pada final pelaksanaan Program PKP, masing-masing UPT diwajibkan menciptakan laporan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan. Penanggung jawab kegiatan di UPT, dibantu oleh ketua panitia, petugas data, dan petugas keuangan, bertanggung jawab terhadap penulisan laporan kegiatan. Laporan dibentuk pada final kegiatan untuk kemudian diserahkan kepada Ditjen GTK.
Laporan meliputi hasil pelaksanaan kegiatan yang dilengkapi dengan dokumen pelaksanaan kegiatan dan dokumen pertanggungjawaban keuangan. Laporan kegiatan diharapkan sanggup memperlihatkan efektivitas dan relevansi terhadap peningkatan kualitas guru.
Dokumen dan rekaman yang perlu dilampirkan dalam laporan kegiatan terdiri atas data sebagai berikut.
a. Surat kiprah komponen yang terlibat dalam acara PKP
b. Biodata fasilitator dan peserta
c. Daftar hadir fasilitator dan peserta
KOMPETEN/BELUM KOMPETEN
Peserta dinyatakan kompeten jikalau fasilitator dan pengawas sekolah menyatakan kompeten. Jika pada final kegiatan penerima dinyatakan belum kompeten, maka yang bersangkutan diberi kesempatan untuk menuntaskan semua tagihan selama satu minggu.
2. Penilaian terhadap Fasilitator
Penilaian terhadap fasilitator ialah pengukuran dan penilaian kepada fasilitator yang dilakukan oleh penerima pada ketika fasilitator melaksanakan kiprah mengelola pembelajaran pada setiap materi pembelajaran yang dikelola baik pada Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Guru Inti. Instrumen penilaian yang digunakan ialah lembar pengamatan. Adapun unsur-unsur yang dinilai meliputi:
1) Sistematika penyajian
2) Kemampuan menyajikan
3) Ketepatan waktu dan kehadiran
4) Penggunaan metode dan alat bantu pembelajaran
5) Sikap dan perilaku
6) Cara menjawab pertanyaan dari peserta
7) Penggunaan bahasa
8) Pemberian motivasi kepada peserta
9) Kerapian berpakaian
10) Kerjasama antar fasilitator (dalam tim)
Format penilaian fasilitator sanggup dilihat pada lampiran 4.
Di samping lembar pengamatan sebagai instrumen penilaian terhadap fasilitator, pada kegiatan Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Guru Inti, kepuasan penerima terhadap proses pembelajaran diperoleh dengan memakai instrumen Smiley Face dan Bull’s Eye. Instrumen Bull’s Eye digunakan untuk mengukur kepuasan penerima terhadap proses pembelajaran sekaligus penyelenggaraan Program Diklat secara menyeluruh. Instrumen Smiley Face diisi oleh penerima pada setiap hari genap dan instrumen Bull’s Eye akan diisi oleh penerima pada setiap hari ganjil. Instrumen Smiley Face dan instrumen Bull’s Eye sanggup dilihat pada lampiran 5 dan lampiran 6.
3. Penilaian Penyelenggaraan Kegiatan
Penilaian terhadap penyelenggaraan kegiatan ialah pengukuran dan penilaian kepada penyelenggara yang dilakukan oleh penerima pada ketika mengikuti kegiatan Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Guru Inti, atau Program PKP. Penilaian kinerja penyelenggara dilakukan terhadap pencapaian sasaran mutu penyelenggara. Adapun unsur-unsur yang dinilai meliputi:
1) Administrasi Penyelenggaraan Kegiatan
2) Sarana Prasarana Penunjang Kegiatan
3) Bahan Kegiatan
4) Jangka Waktu Pelaksanaan Kegiatan
5) Layanan Menu
Format penilaian penyelenggaraan kegiatan sanggup dilihat pada lampiran 7.
B. Sertifikat
Peserta yang telah selesai mengikuti Pembekalan Narasumber Nasional dan mendapatkan predikat minimal baik akan mendapatkan akta yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan atau pihak yang didelegasikan. Peserta yang telah selesai mengikuti Pembekalan Instruktur Nasional dan mendapatkan predikat minimal baik akan mendapatkan akta yang ditandatangani oleh Kepala PPPPTK/LPPPTK-KPTK/LPPKS. Peserta yang telah selesai mengikuti Pembekalan Guru Inti dan mendapatkan predikat minimal cukup akan mendapatkan akta yang ditandatangani Kepala PPPPTK/LPPPTK- KPTK/LPPKS. Contoh akta sanggup dilihat pada lampiran 8.
Guru yang telah mengikuti Program PKP Berbasis Zonasi dan dinyatakan kompeten akan menerima sertifikat. Sertifikat ditandatangani Kepala PPPPTK/LPPPTK-KPTK/LPPKS dan dicetak melalui SIMPKB. Sertifikat sanggup diproses pencetakannya jikalau penerima sudah dinyatakan KOMPETEN dan kelas PKP Berbasis Zonasi sudah ditutup oleh operator UPT. Contoh akta sanggup dilihat pada lampiran 9.
Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Guru Inti yang telah selesai memperlihatkan fasilitasi akan mendapatkan surat keterangan. Contoh surat keterangan sanggup dilihat pada lampiran 10.
C. Pelaporan
Pelaporan Administrasi
Pada final pelaksanaan Program PKP, masing-masing UPT diwajibkan menciptakan laporan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan. Penanggung jawab kegiatan di UPT, dibantu oleh ketua panitia, petugas data, dan petugas keuangan, bertanggung jawab terhadap penulisan laporan kegiatan. Laporan dibentuk pada final kegiatan untuk kemudian diserahkan kepada Ditjen GTK.
Laporan meliputi hasil pelaksanaan kegiatan yang dilengkapi dengan dokumen pelaksanaan kegiatan dan dokumen pertanggungjawaban keuangan. Laporan kegiatan diharapkan sanggup memperlihatkan efektivitas dan relevansi terhadap peningkatan kualitas guru.
Dokumen dan rekaman yang perlu dilampirkan dalam laporan kegiatan terdiri atas data sebagai berikut.
a. Surat kiprah komponen yang terlibat dalam acara PKP
b. Biodata fasilitator dan peserta
c. Daftar hadir fasilitator dan peserta
d. Laporan penilaian acara peserta
e. Penilaian Fasilitator
f. Penilaian Penyelenggaraan
f. Penilaian Penyelenggaraan
g. Nilai hasil berguru peserta
h. Foto Kegiatan
Selanjutnya seluruh dokumen dan rekaman pada setiap kegiatan dikompilasi dan diarsipkan dalam bentuk hard copy dan soft copy oleh Penanggungjawab Program di UPT. Data dan dokumen yang diarsipkan akan menjadi sumber data dalam pelaporan PKP.
h. Foto Kegiatan
Selanjutnya seluruh dokumen dan rekaman pada setiap kegiatan dikompilasi dan diarsipkan dalam bentuk hard copy dan soft copy oleh Penanggungjawab Program di UPT. Data dan dokumen yang diarsipkan akan menjadi sumber data dalam pelaporan PKP.
BAB V STANDAR PENYELENGGARAAN
A. Standar Pengelolaan/Pelaksanaan
Pengaturan kelas/rombongan berguru Program PKP Berbasis Zonasi diatur sebagai berikut.
1. Pembekalan Narasumber Nasional
a. Jumlah Peserta : maksimal 40 orang per kelas
b. Jumlah Fasilitator : 2 orang per kelas*) team teaching
c. Jumlah Panitia : 2 orang per kelas
d. Materi Ajar :
A. Standar Pengelolaan/Pelaksanaan
Pengaturan kelas/rombongan berguru Program PKP Berbasis Zonasi diatur sebagai berikut.
1. Pembekalan Narasumber Nasional
a. Jumlah Peserta : maksimal 40 orang per kelas
b. Jumlah Fasilitator : 2 orang per kelas*) team teaching
c. Jumlah Panitia : 2 orang per kelas
d. Materi Ajar :
- Pedoman Program PKP Berbasis Zonasi
- Juknis Program PKP Berbasis Zonasi
- Buku Pegangan Pembekalan NS/IN/GI
- Buku Pegangan GI di Zonasi
- Unit Pembelajaran
- Kumpulan RPP
- Video Pembelajaran
- Perangkat pembekalan
- Format-format penilaian
- Juknis Program PKP Berbasis Zonasi
- Buku Pegangan Pembekalan NS/IN/GI
- Buku Pegangan GI di Zonasi
- Unit Pembelajaran
- Kumpulan RPP
- Video Pembelajaran
- Perangkat pembekalan
- Format-format penilaian
e. Alat Pembelajaran : Laptop, LCD, Audio system
f. Bahan pembelajaran : sesuai dengan kebutuhan dan/atau skenario yang ditetapkan
2. Pembekalan Instruktur Nasional
a. Jumlah Peserta : maksimal 40 orang per kelas
b. Jumlah Fasilitator : 2 orang per kelas*) team teaching
c. Jumlah Panitia : 2 orang per kelas
d. Materi Ajar :
f. Bahan pembelajaran : sesuai dengan kebutuhan dan/atau skenario yang ditetapkan
2. Pembekalan Instruktur Nasional
a. Jumlah Peserta : maksimal 40 orang per kelas
b. Jumlah Fasilitator : 2 orang per kelas*) team teaching
c. Jumlah Panitia : 2 orang per kelas
d. Materi Ajar :
- Pedoman Program PKP Berbasis Zonasi
- Juknis Program PKP Berbasis Zonasi
- Buku Pegangan Pembekalan NS/IN/GI
- Buku Pegangan GI di Zonasi
- Unit Pembelajaran
- Kumpulan RPP
- Video Pembelajaran
- Perangkat pembekalan
- Format-format penilaian
- Juknis Program PKP Berbasis Zonasi
- Buku Pegangan Pembekalan NS/IN/GI
- Buku Pegangan GI di Zonasi
- Unit Pembelajaran
- Kumpulan RPP
- Video Pembelajaran
- Perangkat pembekalan
- Format-format penilaian
e. Alat Pembelajaran : Laptop, LCD, Audio system
f. Bahan pembelajaran : sesuai dengan kebutuhan dan/atau skenario yang ditetapkan
3. Pembekalan Guru Inti
a. Jumlah Peserta : maksimal 40 orang per kelas
b. Jumlah Fasilitator : 2 orang per kelas*) team teaching
c. Jumlah Panitia : 2 orang per kelas
d. Materi Ajar :
f. Bahan pembelajaran : sesuai dengan kebutuhan dan/atau skenario yang ditetapkan
3. Pembekalan Guru Inti
a. Jumlah Peserta : maksimal 40 orang per kelas
b. Jumlah Fasilitator : 2 orang per kelas*) team teaching
c. Jumlah Panitia : 2 orang per kelas
d. Materi Ajar :
- Pedoman Program PKP Berbasis Zonasi
- Juknis Program PKP Berbasis Zonasi
- Buku Pegangan Pembekalan NS/IN/GI
- Buku Pegangan GI di Zonasi
- Unit Pembelajaran
- Kumpulan RPP
- Video Pembelajaran
- Perangkat pembekalan
- Format-format penilaian
- Juknis Program PKP Berbasis Zonasi
- Buku Pegangan Pembekalan NS/IN/GI
- Buku Pegangan GI di Zonasi
- Unit Pembelajaran
- Kumpulan RPP
- Video Pembelajaran
- Perangkat pembekalan
- Format-format penilaian
e. Alat Pembelajaran : Laptop, LCD, Audio system
f. Bahan pembelajaran : sesuai dengan kebutuhan dan/atau skenario yang ditetapkan
4. Program PKP Berbasis Zonasi
a. Jumlah Peserta : 10-20 orang diubahsuaikan dengan guru yang ada di PKG/KKG/MGMP/MGBK
b. Jumlah Fasilitator : 1 orang guru inti per kelas**)
c. Jumlah Panitia : 2 orang per kelas (1 orang operator sentra zona, 1 orang panitia kelas)
d. Materi Ajar : Unit/Materi Pembelajaran, Contoh RPP, Video Pembelajaran, softcopy materi tayang e. Alat Pembelajaran : Laptop, LCD, Audio system
f. Bahan pembelajaran : sesuai dengan kebutuhan dan/atau skenario yang ditetapkan
Keterangan *)
Penetapan jumlah fasilitator sebanyak 2 orang secara team teaching dilandasi oleh pertimbangan sebagai berikut:
a. Karakteristik pendidikan orang sampaumur (andragogi) pada prinsipnya diarahkan pada pengembangan pemahaman, pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki penerima sehingga pola pembelajaran dirancang melalui banyak sekali kegiatan diskusi, kerja kelompok, dan presentasi, dan tidak didominasi oleh pemberian ceramah dan informasi.
b. Mengingat kegiatan diskusi dan terutama kerja kelompok dilakukan secara bersamaan (paralel) maka fasilitasi dari narasumber/instruktur juga dilakukan secara paralel. Oleh karenanya, kehadiran 2 (dua) orang narasumber/instruktur dalam satu kelas sangat diperlukan.
c. Pertimbangan lainnya ialah jumlah penerima sebanyak 40 orang membutuhkan penanganan dan metode pembelajaran yang lebih variatif sehingga kehadiran 2 orang fasilitator memungkinkan hal tersebut dilakukan.
d. Dalam pelaksanaannya, 2 orang fasilitator bekerja sama dalam bentuk team teaching, dimana satu fasilitator dengan fasilitator lain secara bersama- sama mengelola pembelajaran, baik dalam fasilitasi pelaksanaan diskusi, kerja kelompok, praktik, simulasi, dan presentasi, maupun dalam memperlihatkan penguatan. Dalam hal fasilitator yang satu memperlihatkan informasi atau penguatan maka fasilitator yang lain akan bertindak sebagai observer untuk mengamati kegiatan peserta.
Keterangan **)
Dalam rentang waktu yang sama, 1 orang guru inti sanggup memfasilitasi paling banyak 2 kelas PKP Berbasis Zonasi dengan waktu pelaksanaan kegiatan In yang berbeda.
Contoh:
Jika kegiatan In-1 pada kelas/rombel pertama dilaksanakan pada tanggal 1 November 2018, maka kegiatan In-1 pada kelas/rombel kedua dilaksanakan pada tanggal 2 November 2018, dst.
B. Standar Fasilitator
Fasilitator Program PKP Berbasis Zonasi terdiri dari Tim Pengembang, Narasumber Nasional, Instruktur Nasional, dan Guru Inti.
C. Standar Sarana dan Prasarana
1. Standar Sarana
Sarana berupa alat dan materi yang digunakan dalam Program PKP, baik untuk kegiatan workshop tim pengembang, Pembekalan Narasumber Nasional, Pembekalan Instruktur Nasional, Pembekalan Guru Inti, maupun Program PKP, dengan memakai moda tatap muka sanggup dikemas dalam bentuk hardcopy atau softcopy diubahsuaikan dengan jenis kegiatan dan ketersediaan anggaran.
Secara umum alat dan materi yang dibutuhkan dalam Program PKP Berbasis Zonasi ini, meliputi:
a. Pedoman Umum Program PKP Berbasis Zonasi
f. Bahan pembelajaran : sesuai dengan kebutuhan dan/atau skenario yang ditetapkan
4. Program PKP Berbasis Zonasi
a. Jumlah Peserta : 10-20 orang diubahsuaikan dengan guru yang ada di PKG/KKG/MGMP/MGBK
b. Jumlah Fasilitator : 1 orang guru inti per kelas**)
c. Jumlah Panitia : 2 orang per kelas (1 orang operator sentra zona, 1 orang panitia kelas)
d. Materi Ajar : Unit/Materi Pembelajaran, Contoh RPP, Video Pembelajaran, softcopy materi tayang e. Alat Pembelajaran : Laptop, LCD, Audio system
f. Bahan pembelajaran : sesuai dengan kebutuhan dan/atau skenario yang ditetapkan
Keterangan *)
Penetapan jumlah fasilitator sebanyak 2 orang secara team teaching dilandasi oleh pertimbangan sebagai berikut:
a. Karakteristik pendidikan orang sampaumur (andragogi) pada prinsipnya diarahkan pada pengembangan pemahaman, pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki penerima sehingga pola pembelajaran dirancang melalui banyak sekali kegiatan diskusi, kerja kelompok, dan presentasi, dan tidak didominasi oleh pemberian ceramah dan informasi.
b. Mengingat kegiatan diskusi dan terutama kerja kelompok dilakukan secara bersamaan (paralel) maka fasilitasi dari narasumber/instruktur juga dilakukan secara paralel. Oleh karenanya, kehadiran 2 (dua) orang narasumber/instruktur dalam satu kelas sangat diperlukan.
c. Pertimbangan lainnya ialah jumlah penerima sebanyak 40 orang membutuhkan penanganan dan metode pembelajaran yang lebih variatif sehingga kehadiran 2 orang fasilitator memungkinkan hal tersebut dilakukan.
d. Dalam pelaksanaannya, 2 orang fasilitator bekerja sama dalam bentuk team teaching, dimana satu fasilitator dengan fasilitator lain secara bersama- sama mengelola pembelajaran, baik dalam fasilitasi pelaksanaan diskusi, kerja kelompok, praktik, simulasi, dan presentasi, maupun dalam memperlihatkan penguatan. Dalam hal fasilitator yang satu memperlihatkan informasi atau penguatan maka fasilitator yang lain akan bertindak sebagai observer untuk mengamati kegiatan peserta.
Keterangan **)
Dalam rentang waktu yang sama, 1 orang guru inti sanggup memfasilitasi paling banyak 2 kelas PKP Berbasis Zonasi dengan waktu pelaksanaan kegiatan In yang berbeda.
Contoh:
Jika kegiatan In-1 pada kelas/rombel pertama dilaksanakan pada tanggal 1 November 2018, maka kegiatan In-1 pada kelas/rombel kedua dilaksanakan pada tanggal 2 November 2018, dst.
B. Standar Fasilitator
Fasilitator Program PKP Berbasis Zonasi terdiri dari Tim Pengembang, Narasumber Nasional, Instruktur Nasional, dan Guru Inti.
- Tim Pengembang Perangkat Program PKP Berbasis Zonasi di Tingkat Nasional ialah widyaiswara/PTP/tenaga pendidik lainnya yang menyusun dan membuatkan perangkat Program PKP. Tim pengembang sanggup berperan sebagai Narasumber Nasional maupun Instruktur Nasional jikalau diperlukan.
- Narasumber Nasional ialah widyaiswara/PTP PPPPTK/LPPPTK- KPTK/LPPKS atau dosen LPTK yang telah mengikuti Pembekalan Narasumber Nasional Program PKP Berbasis Zonasi dan mendapatkan predikat minimal Baik. Narasumber Nasional sanggup berperan sebagai Instruktur Nasional jikalau diperlukan.
- Instruktur Nasional ialah widyaiswara LPMP atau guru terbaik di Provinsi/Kabupaten/Kota yang telah mengikuti Pembekalan Instruktur Nasional Program PKP Berbasis Zonasi dan menerima predikat minimal Baik.
- Guru Inti ialah guru terbaik di Provinsi/Kabupaten/Kota yang telah mengikuti Pembekalan Guru Inti Program PKP Berbasis Zonasi dan menerima predikat minimal Cukup.
1. Standar Sarana
Sarana berupa alat dan materi yang digunakan dalam Program PKP, baik untuk kegiatan workshop tim pengembang, Pembekalan Narasumber Nasional, Pembekalan Instruktur Nasional, Pembekalan Guru Inti, maupun Program PKP, dengan memakai moda tatap muka sanggup dikemas dalam bentuk hardcopy atau softcopy diubahsuaikan dengan jenis kegiatan dan ketersediaan anggaran.
Secara umum alat dan materi yang dibutuhkan dalam Program PKP Berbasis Zonasi ini, meliputi:
a. Pedoman Umum Program PKP Berbasis Zonasi
b. Petunjuk Teknis Program PKP Berbasis Zonasi
c. Buku Pegangan NS, IN, dan Guru Inti
d. Buku Pegangan GI di Zonasi
e. Unit Pembelajaran Program PKP Berbasis Zonasi
d. Buku Pegangan GI di Zonasi
e. Unit Pembelajaran Program PKP Berbasis Zonasi
f. Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
g. Video Pembelajaran
g. Video Pembelajaran
h. Lembar Kerja
i. Bahan tayang
j. Soal tes awal dan tes final untuk Pembekalan NS/IN/Guru Inti
i. Bahan tayang
j. Soal tes awal dan tes final untuk Pembekalan NS/IN/Guru Inti
k. Laptop atau Notebook
l. LCD Projector
m. Sound system sesuai kebutuhan, dan
n. Alat dan materi lain sesuai kebutuhan materi yang disajikan.
2. Standar Prasarana
Prasarana yang dibutuhkan untuk moda tatap muka memenuhi standar:
a. ruang kelas yang bisa menampung 40 orang peserta;
b. mempunyai daya listrik yang mencukupi.
D. Standar Penilaian
l. LCD Projector
m. Sound system sesuai kebutuhan, dan
n. Alat dan materi lain sesuai kebutuhan materi yang disajikan.
2. Standar Prasarana
Prasarana yang dibutuhkan untuk moda tatap muka memenuhi standar:
a. ruang kelas yang bisa menampung 40 orang peserta;
b. mempunyai daya listrik yang mencukupi.
D. Standar Penilaian
Untuk menjamin kualitas pelaksanaan kegiatan, kepada semua penerima baik Pembekalan Narasumber Nasional, Pembekalan Instruktur Nasional, Pembekalan Guru Inti maupun Program PKP Berbasis Zonasi akan dilakukan penilaian. Standar penilaian meliputi: jenis dan lingkup penilaian, instrumen penilaian, penyekoran, dan penentuan batas kelulusan mengacu penilaian pada Bab IV.
E. Standar Penyelenggara
E. Standar Penyelenggara
Penyelenggara Program PKP Berbasis Zonasi ialah UPT Pusat, Dinas Pendidikan, dan Komunitas GTK. Instansi penyelenggara Program dipersyaratkan memenuhi sumber daya meliputi hal-hal berikut.
F. Standar Waktu Pelaksanaan
G. Standar Sertifikat
Peserta yang mengikuti seluruh proses pada Program PKP Berbasis Zonasi dan dinyatakan kompeten akan mendapatkan sertifikat. Pengaturan penandatangan akta sebagai berikut:
- Ketersediaan Narasumber Nasional, Instruktur Nasional, dan Guru Inti.
- Ketersediaan sarana dan prasarana sebagaimana yang diuraikan pada butir C.
- Sumber Daya Manusia Penyelenggara.
F. Standar Waktu Pelaksanaan
- Pelaksanaan Pembekalan Narasumber Nasional selama 60 JP @ 45 menit.
- Pelaksanaan Pembekalan Instruktur Nasional selama 60 JP @ 45 menit.
- Pelaksanaan Pembekalan Guru Inti selama 60 JP @ 45 menit.
- Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi selama 82 JP @ 45 menit.
G. Standar Sertifikat
Peserta yang mengikuti seluruh proses pada Program PKP Berbasis Zonasi dan dinyatakan kompeten akan mendapatkan sertifikat. Pengaturan penandatangan akta sebagai berikut:
- Sertifikat Pembekalan Narasumber Nasional ditandatangani Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan atau Kepala PPPPTK/LPPPTK-KPTK/LPPKS yang menerima delegasi dari Ditjen GTK.
- Sertifikat Pembekalan Instruktur Nasional ditandatangani oleh Kepala PPPPTK/LPPPTK-KPTK/LPPKS. Sertifikat dicetak dan didistribusikan oleh PPPPTK/LPPPTK-KPTK/LPPKS.
- Sertifikat Pembekalan Guru Inti ditandatangani oleh Kepala PPPPTK/LPPPTK-KPTK/LPPKS. Sertifikat dicetak dan didistribusikan oleh PPPPTK/LPPPTK-KPTK/LPPKS.
- Sertifikat Program PKP Berbasis Zonasi dicetak melalui SIMPKB. Sertifikat sanggup diproses pencetakannya jikalau penerima sudah dinyatakan KOMPETEN. Sertifikat ditandatangani oleh Kepala PPPPTK/LPPPTK-KPTK/LPPKS.
- Surat Keterangan telah Melaksanakan Tugas bagi Narasumber Nasional ditandatangani oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan atau Kepala PPPPTK/LPPPTK-KPTK/LPPKS yang menerima delegasi dari Ditjen GTK.
- Surat Keterangan telah Melaksanakan Tugas bagi Instruktur Nasional ditandatangani oleh Kepala PPPPTK/LPPPTK-KPTK/LPPKS.
- Surat Keterangan telah Melaksanakan Tugas bagi Guru Inti dicetak melalui SIMPKB. Surat Keterangan ditandatangani oleh Kepala PPPPTK/LPPPTK- KPTK/LPPKS.
BAB VI PENJAMINAN MUTU
Penjaminan Mutu ialah kegiatan yang dilaksanakan untuk memastikan bahwa proses berjalan berdasarkan standar yang telah ditetapkan. Penjaminan mutu pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi merupakan kegiatan yang meliputi semua upaya yang dilakukan dalam rangka menjamin pelaksanaan acara biar sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan.
A. Tujuan
Penjaminan mutu bertujuan untuk memastikan proses pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi sesuai dengan standar berupa: standar pengelolaan/pelaksanaan, fasilitator, sarana dan prasarana, penilaian, penyelenggaraan, waktu pelaksanaan, dan standar sertifikat.
B. Sasaran dan Sumber Data
1. Sasaran
Sasaran penjaminan mutu Program PKP Berbasis Zonasi ialah kelompok kerja guru pelaksana Program PKP Berbasis Zonasi yang ada di zona pada wilayah Kabupaten/Kota/Provinsi tertentu.
2. Sumber Data
Sumber data terdiri dari:
1) Ketua PKG/KKG/MGMP/MGBK pelaksana Program PKP Berbasis Zonasi pada zona tertentu.
2) Fasilitator Program PKP Berbasis Zonasi pada zona tertentu.
3) Peserta Program PKP Berbasis Zonasi pada zona tertentu.
4) Unsur Dinas Pendidikan Kab/Kota/Provinsi yang terlibat Program PKP Berbasis Zonasi pada zona tertentu.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup penjaminan mutu Program PKP Berbasis Zonasi meliputi:
Penjaminan Mutu ialah kegiatan yang dilaksanakan untuk memastikan bahwa proses berjalan berdasarkan standar yang telah ditetapkan. Penjaminan mutu pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi merupakan kegiatan yang meliputi semua upaya yang dilakukan dalam rangka menjamin pelaksanaan acara biar sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan.
A. Tujuan
Penjaminan mutu bertujuan untuk memastikan proses pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi sesuai dengan standar berupa: standar pengelolaan/pelaksanaan, fasilitator, sarana dan prasarana, penilaian, penyelenggaraan, waktu pelaksanaan, dan standar sertifikat.
B. Sasaran dan Sumber Data
1. Sasaran
Sasaran penjaminan mutu Program PKP Berbasis Zonasi ialah kelompok kerja guru pelaksana Program PKP Berbasis Zonasi yang ada di zona pada wilayah Kabupaten/Kota/Provinsi tertentu.
2. Sumber Data
Sumber data terdiri dari:
1) Ketua PKG/KKG/MGMP/MGBK pelaksana Program PKP Berbasis Zonasi pada zona tertentu.
2) Fasilitator Program PKP Berbasis Zonasi pada zona tertentu.
3) Peserta Program PKP Berbasis Zonasi pada zona tertentu.
4) Unsur Dinas Pendidikan Kab/Kota/Provinsi yang terlibat Program PKP Berbasis Zonasi pada zona tertentu.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup penjaminan mutu Program PKP Berbasis Zonasi meliputi:
a. Perencanaan
Pada penggalan perencanaan meliputi program, materi, skenario, dan seni administrasi kegiatan.
b. Pelaksanaan
Pada penggalan pelaksanaan meliputi penyelenggara, fasilitator, prosedur penjadwalan, dan sarana prasarana.
c. Evaluasi dan pelaporan
Pada penggalan penilaian dan pelaporan meliputi penilaian, sertifikat, dan pelaporan sesuai dengan standar yang ditetapkan.
D. Mekanisme
Pada penggalan perencanaan meliputi program, materi, skenario, dan seni administrasi kegiatan.
b. Pelaksanaan
Pada penggalan pelaksanaan meliputi penyelenggara, fasilitator, prosedur penjadwalan, dan sarana prasarana.
c. Evaluasi dan pelaporan
Pada penggalan penilaian dan pelaporan meliputi penilaian, sertifikat, dan pelaporan sesuai dengan standar yang ditetapkan.
D. Mekanisme
Mekanisme pelaksanaan penjaminan mutu di KKG digambarkan dengan tabel sebagai berikut:
Mekanisme Penjaminan Mutu Program PKP Berbasis Zonasi di KKG
A. Persiapan
B. Pelaksaaan
C. Pelaporan
Petugas Penjaminan Mutu Program PKP Berbasis Zonasi di KKG ialah tenaga struktural fungsional umum, fungsional tertentu, yang menguasai wacana pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi di KKG dan diberi surat penugasan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan, dan PPPPTK/LPPPTK- KPTK/LPPKS. Petugas bisa berasal dari unsur Instansi Pusat, PPPPTK/LPPPTK- KPTK, LPPKS, dan dinas pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi.
E. Instrumen
Instrumen penjaminan mutu Program PKP Berbasis Zonasi di KKG merupakan alat pengumpul data yang digunakan oleh tim pada ketika melaksanakan penjaminan mutu di KKG wilayah Kabupaten/Kota/Provinsi.
Instrumen dimaksud berupa kuesioner dengan pilihan balasan ya dan tidak yang dilengkapi dengan klarifikasi dan bukti serta wawancara yang akan diberikan kepada responden sebagai sumber data sebagai berikut:
F. Laporan
Pelaporan kegiatan penjaminan mutu Program PKP Berbasis Zonasi di KKG dilakukan oleh petugas penjaminan mutu yang meliputi Laporan Kegiatan penjaminan mutu Program PKP Berbasis Zonasi di KKG wilayah Kabupaten/Kota/Provinsi tertentu dan laporan seluruh KKG yang melaksanakan Program PKP Berbasis Zonasi di seluruh Indonesia.
BAB VII PENUTUP
Pedoman ini disusun sebagai rambu-rambu penyelenggaraaan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Pedoman ini dimaksudkan untuk memperlihatkan pola bagi pengambil kebijakan pemberdayaan PKG/KKG/MGMP/MGBK di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, dan pelaksana Program PKP Berbasis Zonasi di PPG/KKG/MGMP/MGBK di setiap zona peningkatan kompetensi pembelajaran biar sanggup menyelenggarakan kegiatan Program PKP Berbasis Zonasi sesuai yang telah direncanakan secara mandiri, bermutu, dan berkelanjutan.
Mekanisme Penjaminan Mutu Program PKP Berbasis Zonasi di KKG
A. Persiapan
- Pengembangan Instrumen Penjaminan Mutu Ditjen GTK
- Persiapan Tim dan Instrumen Penjaminan Mutu Ditjen GTK
B. Pelaksaaan
- Pelaksanaan Penjaminan Mutu Program PKP Berbasis Zonasi Petugas PM
- Pengumpulan Hasil Penjaminan Mutu Program PKP Berbasis Zonasi Petugas PM
- Pengolahan data hasil Penjaminan Mutu Program PKP Ditjen GTK
C. Pelaporan
- Penyusunan Laporan Penjaminan Mutu Program PKP Ditjen GTK
- Publikasi hasil Penjaminan Mutu Program PKP Ditjen GTK
Petugas Penjaminan Mutu Program PKP Berbasis Zonasi di KKG ialah tenaga struktural fungsional umum, fungsional tertentu, yang menguasai wacana pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi di KKG dan diberi surat penugasan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan, dan PPPPTK/LPPPTK- KPTK/LPPKS. Petugas bisa berasal dari unsur Instansi Pusat, PPPPTK/LPPPTK- KPTK, LPPKS, dan dinas pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi.
E. Instrumen
Instrumen penjaminan mutu Program PKP Berbasis Zonasi di KKG merupakan alat pengumpul data yang digunakan oleh tim pada ketika melaksanakan penjaminan mutu di KKG wilayah Kabupaten/Kota/Provinsi.
Instrumen dimaksud berupa kuesioner dengan pilihan balasan ya dan tidak yang dilengkapi dengan klarifikasi dan bukti serta wawancara yang akan diberikan kepada responden sebagai sumber data sebagai berikut:
- Ketua KKG pelaksana Program PKP Berbasis Zonasi pada zona tertentu
- Fasilitator Program PKP Berbasis Zonasi di KKG pada zona tertentu
- Peserta Program PKP Berbasis Zonasi di KKG pada zona tertentu
- Unsur Dinas Pendidikan Kab/Kota/Provinsi yang terlibat Program PKP Berbasis Zonasi pada zona tertentu
F. Laporan
Pelaporan kegiatan penjaminan mutu Program PKP Berbasis Zonasi di KKG dilakukan oleh petugas penjaminan mutu yang meliputi Laporan Kegiatan penjaminan mutu Program PKP Berbasis Zonasi di KKG wilayah Kabupaten/Kota/Provinsi tertentu dan laporan seluruh KKG yang melaksanakan Program PKP Berbasis Zonasi di seluruh Indonesia.
BAB VII PENUTUP
Pedoman ini disusun sebagai rambu-rambu penyelenggaraaan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Pedoman ini dimaksudkan untuk memperlihatkan pola bagi pengambil kebijakan pemberdayaan PKG/KKG/MGMP/MGBK di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, dan pelaksana Program PKP Berbasis Zonasi di PPG/KKG/MGMP/MGBK di setiap zona peningkatan kompetensi pembelajaran biar sanggup menyelenggarakan kegiatan Program PKP Berbasis Zonasi sesuai yang telah direncanakan secara mandiri, bermutu, dan berkelanjutan.
Download Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Berbasis Zonasi
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Berbasis Zonasi ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Berbasis Zonasi
Download File:
Download Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Berbasis Zonasi.pdf
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Berbasis Zonasi. Semoga bisa bermanfaat.
0 Response to "Buku Pegangan Narasumber Pelatih Guru Inti Pkp (Program Peningkatan Pembelajaran) Berbasis Zonasi"
Post a Comment