Kumpulan Bahan Pkp (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Guru Sd Tahun 2019-2020
Berikut ini yakni berkas Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SMP (Modul Pengawas Sekolah). Download file format PDF. Diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SMP |
Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SMP (Modul Pengawas Sekolah)
Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Modul untuk Pengawas Sekolah - Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SMP:
PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
- Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 bagi Pengawas Sekolah jenjang SMP (SMP) berisi pembelajaran perihal pengelolaan implementasi kurikulum 2013 dan seni administrasi penyempurnaan Buku I, Buku II, dan Buku III KTSP; analisis dokumen: SKL, KI, KD, silabus dan merumuskan IPK; analisis materi pembelajaran; perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pelaporan penilaian, dan perancangan pembelajaran.
- Setelah mempelajari modul ini, pengawas sekolah diharapkan dapat: a. menganalisis dokumen, SKL, KI, KD, IPK, dan silabus; b. menganalisis materi pembelajaran; c. menganalisis penerapan model-model pembelajaran; d. melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, dan pelaporan penilaian hasil belajar; e. merancang planning pelaksanaan pembelajaran; f. menyusun seni administrasi pengelolaan implementasi kurikulum 2013; dan g. menyusun seni administrasi penyempurnaan buku KTSP.
- Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) terdiri dari 3 (tiga) bab yaitu: Bagian I Penjelasan Umum Modul; Bagian II Implementasi Pelaksanaan Kurikulum 2013; Bagian III Pengembangan Strategi Penyusunan Kurikulum 2013.
- Sebelum mempelajari modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 ini, Saudara harus menyiapkan dokumen-dokumen berikut: a. Dokumen Buku I KTSP. b. Dokumen Program Tahunan (Prota). c. Dokumen Program Semester (Prosem). d. Dokumen Buku II KTSP (Silabus). e. Dokumen Buku III KTSP (Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). f. Dokumen Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). g. Buku guru dan buku siswa. h. Kalender pendidikan. i. Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. j. Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran. k. Permendikbud Nomor 20 tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. l. Permendikbud Nomor 21 tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. m. Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. n. Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. o. Permendikbud Nomor 24 tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. p. Panduan Penyusunan RPP. q. Panduan Pelaksanaan Pembelajaran di SMP. r. Panduan Pelaksanaan penilaian di SMP.
- Modul ini merupakan prasyarat untuk mempelajari modul Pengembangan Supervisi Manajerial dan Supervisi Akademik dalam Implementasi Kurikulum 2013.
- Alokasi waktu untuk mempelajari modul ini 25 Jam Pembelajaran (JP). Satu JP setara dengan 45 menit. Perkiraan waktu ini sangat fleksibel sehingga bisa diubahsuaikan dengan keadaan dan kebutuhan. Penyelenggara pembelajaran bisa menyesuaikan waktu dengan model pembelajaran di Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS), Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPPTK KPTK), atau model pembelajaran lain dengan pemanfaatan teknologi lain.
- Untuk melaksanakan acara pembelajaran, Saudara harus mulai dengan membaca petunjuk dan pengantar modul ini, menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan/diminta, mengikuti tahap demi tahap acara pembelajaran secara sistematis dan mengerjakan perintah-perintah acara pembelajaran pada Lembar Kerja (LK). Untuk melengkapi pemahaman, Saudara sanggup membaca materi bacaan dan sumber-sumber lain yang relevan.
- Modul ini disusun dengan mengintegrasikan keterampilan yang diharapkan penerima didik semoga bisa bersaing di masa 21, yakni literasi dasar (bagaimana penerima didik menerapkan keterampilan membaca untuk kehidupan sehari-hari), kompetensi (bagaimana penerima didik menyikapi tantangan yang kompleks), dan huruf (bagaimana penerima didik menyikapi perubahan lingkungan mereka).
- Setelah mempelajari modul ini, diharapkan Saudara dapat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan terkait materi ini di sekolah binaan. Saudara diharapkan mengintegrasikan literasi, kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/HOTS), kemampuan masa 21 yakni critical thinking, communication, creativity and innovation, collaboration (4C), dan penguatan karakter pada dikala mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan tersebut.
BAGIAN I. PENJELASAN UMUM
Pengantar
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 perihal Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 menyatakan bahwa satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah sanggup melaksanakan Kurikulum Tahun 2006 paling usang hingga dengan tahun pelajaran 2019/2020. Ketentuan ini memberi kesempatan kepada sekolah untuk melaksanakan persiapan implementasi Kurikulum 2013.
Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 dikembangkan untuk memfasilitasi persiapan implementasi Kurikulum 2013 dari segi manajerial dan akademik. Modul ini disusun dengan berbagi kecakapan masa 21 dengan mengintegrasikan nilai- nilai utama Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), 4C/HOTS, dan literasi.
Literasi menjadi sarana penerima didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang diperoleh di sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan penerima didik, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan kecerdikan pekerti mulia. Kemampuan literasi ini merupakan dasar pengembangan bagi penerima didik untuk melek dalam aneka macam hal. Pencapaian kompetensi penerima didik diukur melalui penilaian hasil belajar. Penilaian hasil mencar ilmu merupakan proses pengumpulan informasi/data perihal capaian mencar ilmu penerima didik. Penilaian tersebut sanggup dilakukan oleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah. Kepala sekolah mengelola pendidik (guru) melaksanakan pemantauan proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil mencar ilmu melalui penugasan dan pengukuran pencapaian satu atau lebih Kompetensi Dasar (KD). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Indonesia mengacu pada lima nilai utama, yakni (1) religius, (2) nasionalis, (3) mandiri, (4) gotong royong, (5) integritas (Kemdikbud, 2016). Implementasi PPK sanggup dilakukan dengan tiga pendekatan utama, yaitu berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat. Ketiga pendekatan ini saling terkait dan merupakan satu kesatuan yang utuh. Pendekatan ini sanggup membantu satuan pendidikan dalam merancang dan mengimplementasikan jadwal dan kegiatan PPK.
Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 memfasilitasi Saudara untuk bisa membimbing guru dan kepala sekolah di sekolah binaan pada dikala merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum secara efektif, sehingga sanggup meningkatkan profesionalisme kepala sekolah dan guru dalam mengimplementasikan kurikulum untuk membuat proses pembelajaran yang mendidik, beragam, menyenangkan, sehingga sanggup meningkatkan prestasi penerima didik. Dengan demikian, visi dan misi sekolah sanggup dipahami serta sanggup diwujudkan dalam sikap, perilaku, kebiasaan, kinerja, dan profil sekolah yang mengacu pada tuntutan masyarakat, yakni “Indonesia Baru: Cerdas dan Kompetitif”.
Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 terdiri atas tiga bagian. Bagian pertama berisi perihal klarifikasi umum. Bagian kedua perihal Implementasi Kurikulum 2103 yang meliputi, yaitu (1) Analisis Dokumen SKL, KI, KD, IPK, Silabus, dan Perumusan IPK (2) Analisis Materi Pembelajaran, (3) Analisis Penerapan Model-model Pembelajaran (4) Perencanaan, Pelaksanaan, Pengolahan, dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar, (5) Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Bagian ketiga perihal Pengembangan Strategi Penyusunan Kurikulum 2013 yang meliputi dua topik, yaitu (6) Strategi Pengelolaan Implementasi Kurikulum 2013 dan (7) Strategi Penyempurnaan Buku KTSP. Strategi pembelajaran dalam modul ini memakai beberapa metode pembelajaran yaitu curah pendapat, diskusi kelompok, window shopping, studi kasus, praktik, simulasi, presentasi, dan kiprah mandiri.
Setelah mempelajari modul ini, Saudara sanggup mengimplementasikan hasil mencar ilmu tersebut dalam memantau, membimbing, dan menilai kinerja guru dan kepala sekolah di sekolah binaan dengan tetap mengintegrasikan literasi, kompetensi, dan huruf sebagai bekal keterampilan penerima didik semoga bisa bersaing di masa 21.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari modul ini, Saudara diharapkan mampu:
- menganalisis dokumen, SKL, KI, KD, silabus, dan merumuskan IPK,
- menganalisis materi pembelajaran,
- menganalisis penerapan model pembelajaran,
- melaksanakan penilaian pembelajaran,
- merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran,
- menyusun seni administrasi pengelolaan implementasi kurikulum 2013, dan
- menyusun seni administrasi penyempurnaan buku KTSP.
Organisasi Pembelajaran
Melalui modul ini, Saudara akan melaksanakan kegiatan-kegiatan, baik secara individu maupun secara kelompok. Secara umum materi pembelajaran dikelompokkan dalam tiga bagian, bab satu berisi klarifikasi umum perihal modul administrasi implementasi kurikulum 2013, dan bab 2 berisi perihal Implementasi kurikulum 2013 di SMP yang dikelompokkan dalam 5 topik, bab tiga berisi perihal pengembangan seni administrasi penyusunan kurikulum 2013 yang dikelompokkan dalam 2 topik. Secara khusus, masing- masing topik disajikan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta. Keseluruhan acara pada pada seluruh topik akan dilaksanakan dalam waktu 25 JP.
Isi Modul
Modul ini terdiri atas 7 topik utama dan dipelajari selama 25 jam pelajaran. Setiap 1 JP setara dengan 45 menit. Adapun rincian isi modul dan alokasi waktu tercantum di bawah ini
Implementasi Kurikulum 2013
- Analisis Dokumen: SKL, KI, KD, IPK, Silabus dan Perumusan IPK 4 JP
- Analisis Materi Pembelajaran 2 JP
- Penerapan Model Pembelajaran 4 JP
- Penilaian Pembelajaran 7 JP
- Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 4 JP
Pengembangan Strategi Penyusunan Kurikulum 2013
- Strategi Pengelolaan Implementasi kurikulum 2013 1 JP 30 Menit
- Strategi Penyempurnaan Buku KTSP 2 JP 15 Menit Jumlah 25 JP
Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran dalam modul ini memakai beberapa metode pembelajaran yaitu curah pendapat, studi kasus, diskusi kelompok, window shopping, praktik, simulasi, presentasi, dan kiprah mandiri.
Prinsip Penilaian Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Pengawas Sekolah
Penilaian terhadap penerima bertujuan untuk mengukur kompetensi penerima melalui ketercapaian indikator kompetensi dan keberhasilan tujuan program. Aspek yang dinilai meliputi sikap, keterampilan dan Test Akhir (TA)
1. Penilaian Sikap
Penilaian sikap dimaksudkan untuk mengetahui sikap penerima pada aspek kerjasama, disiplin, tanggungjawab, dan keaktifan. Sikap-sikap tersebut sanggup diamati pada dikala mendapatkan materi, melaksanakan kiprah individu dan kelompok, mengemukakan pendapat dan bertanya jawab, serta dikala berinteraksi dengan fasilitator dan penerima lain.
Penilaian aspek sikap dilakukan mulai awal hingga tamat acara secara terus menerus yang dilakukan oleh fasilitator pada setiap materi. Namun, untuk nilai tamat aspek sikap ditentukan di hari terakhir atau menjelang acara berakhir yang merupakan kesimpulan fasilitator terhadap sikap penerima selama acara dari awal hingga tamat berlangsung. Hasil penilaian sikap dituangkan dalam format Lembar Penilaian Sikap.
2. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan penerima dalam mendemonstrasikan pemahaman dan penerapan pengetahuan yang diperoleh serta keterampilan yang mendukung kompetensi dan indikator. Penilaian keterampilan memakai pendekatan penilaian autentik meliputi bentuk tes dan nontest. Penilaian aspek keterampilan dilakukan pada dikala pembelajaran melalui penugasan individu dan/atau kelompok oleh fasilitator. Komponen yang dinilai sanggup berupa hasil Lembar Kerja dan/atau hasil praktik sesuai dengan kebutuhan. Hasil penilaian keterampilan dituangkan dalam format Lembar Penilaian Keterampilan.
3. Tes Akhir (TA)
Tes tamat dilakukan oleh penerima pada tamat acara moda tatap muka. Peserta yang sanggup mengikuti tes tamat yakni penerima yang memenuhi minimal kehadiran 90% dan mengerjakan tugas-tugas yang telah diberikan.
Selanjutnya, Nilai Akhir (NA) diperoleh dengan formula sebagai berikut:
NA = [{(NS x40%)+(NK x60%)}x60%] + [TAx 40%]
Keterangan:
NA : Nilai Akhir
NS : Nilai Sikap
NK : Nilai Keterampilan
TA : Tes Akhir (nilai pengetahuan)
BAGIAN II. IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMP
Pengantar
Kurikulum 2013 mengalami beberapa perkembangan dan perbaikan semenjak dicanangkan pada tahun 2013. Secara umum, perbaikan Kurikulum 2013 bertujuan semoga selaras antara ide, desain, dokumen, dan pelaksanaannya. Secara khusus, perbaikan Kurikulum 2013 bertujuan menyelaraskan KI, KD, silabus, pembelajaran, penilaian, dan buku teks. Perbaikan tersebut pada tahun 2017 diubahsuaikan dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 perihal Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Penguatan lima nilai utama huruf tersebut akan sanggup mendorong penerima didik untuk mempunyai keterampilan masa 21 yang dibutuhkan dalam meniti kehidupan, menyerupai keterampilan berpikir kritis dan pemecahan duduk kasus (critical thinking and problem solving), keterampilan berkolaborasi (collaboration skills), keterampilan berkreasi (creativities skills), dan keterampilan berkomunikasi (communication skills).
Memperhatikan hal tersebut, maka pengawas sekolah pun perlu memahami implementasi Kurikulum 2013 beserta perkembangannya semoga bisa membimbing guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 dengan tepat. Pada bab II ini Saudara akan memperkuat pemahaman Saudara terkait implementasi Kurikulum 2013 melalui serangkaian acara mencar ilmu yang bervariasi yang tersaji dalam 7 topik pembelajaran.
Topik 1 Saudara akan berlatih menganalisis keterkaitan antara SKL, KI, KD, silabus dan perumusan IPK. Pada topik 2 Saudara menganalisis materi pembelajaran. Pada topik 3 Saudara akan berlatih menganalisis penerapan model pembelajaran. Pada topik 4Saudara berlatih merancang, mengolah, dan melaporkan hasil penilaian pembelajaran yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada topik 5 Saudara mengimplementasikan semua pemahaman dan keterampilan pada topik-topik ebelumnya dalam acara menyusun RPP.
Kegiatan-kegiatan pada topik ini dilaksanakan melalui aneka macam strategi, diantaranya: diskusi kelompok, tanya jawab, brainstorming (curah pendapat), studi kasus, window shopping, dan penugasan. Saudara sanggup melakukannya secara berkelompok, namun jikalau tidak memungkinkan alasannya yakni jumlah penerima terbatas, silakan kerjakan acara secara individual/mandiri atau berpasangan.
TOPIK 1. ANALISIS DOKUMEN SKL, KI, KD, SILABUS DAN PERUMUSAN IPK
Salah satu kemampuan yang harus dimiliki pengawas sekolah dalam melaksanakan kiprah kepengawasan di sekolah binaan, khususnya terkait dengan pelatihan guru dan kepala sekolah yakni memahami dokumen kurikulum. Pada topik 1 ini, Saudara akan melaksanakan beberapa acara belajar, antara lain: menganalisis keterkaitan SKL, KI, KD, merumuskan IPK; menganalisis silabus; menganalisis jadwal tahunan dan jadwal semester dengan mengintegrasikan PPK jenjang SMP.
Kegiatan-kegiatan tersebut akan sanggup dilakukan dengan baik apabila Saudara mempunyai dan memahami beberapa dokumen di antaranya Permendikbud Nomor. 20 tahun 2016 perihal Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 perihal Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud Nomor 22 perihal Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendikbud Nomor 24 tahun 2016 perihal KI-KD Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah dan silabus mata pelajaran.
Kegiatan 1. Menganalisis Keterkaitan SKL, KI, dan KD
(Diskusi Kelompok, 45 Menit)
Bentuklah kelompok yang terdiri dari 2-3 orang tanpa membedakan suku, agama, dan ras. Jika tidak memungkinkan acara ini sanggup dilakukan secara individu atau berpasangan. Diskusikan dalam kelompok atau perorangan untuk menjawab pertanyaan- pertanyaan pada LK 1 tanpa memaksakan kehendak jikalau terdapat perbedaan pendapat dengan anggota kelompok lainnya. Saudara sanggup menjawab pertanyaan pada LK 1 menurut pengalaman sebagai pengawas sekolah terkait dengan pemahaman Saudara perihal keterkaitan antara SKL, KI, dan KD. Untuk membantu menjawab LK 1
Saudara sanggup membaca substansi Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 untuk SMP yang terdapat dalam materi bacaan 1 dan pelengkap modul ini.
Download Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SMP
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SMP (Modul Pengawas Sekolah) ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SMP
Download File:
Download Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SMP.pdf
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SMP (Modul Pengawas Sekolah). Semoga bisa bermanfaat.
0 Response to "Kumpulan Bahan Pkp (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Guru Sd Tahun 2019-2020"
Post a Comment