Contoh Makalah Wacana Administrasi Pemasaran

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang
Perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya baik perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa maupun barang mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan. Selain itu perusahaan juga ingin memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk yang yang dihasilkannya, alasannya ialah kepuasan konsumen menjadi tolak ukur dari keberhasilan perusahaan dalam menghasilkan produk yangberkualitas, dan yang diinginkan oleh konsumen.

Dalam mencapai taktik pemasaran yang sempurna dan terbaik untuk diterapkan, salah satunya perusahaan sanggup melihat dari faktor bauran pemasaran. Hal tersebut penting alasannya ialah bauran pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen dalam melaksanakan keputusan pembelian suatu produk. Jika perusahaan tidak peka terhadap apa yang dibutuhkan oleh konsumen, maka sanggup dipastikan bahwa perusahaan akan kehilangan banyak kesempatan untuk menjaring konsumen dan produk yang ditawarkan akan sia-sia.
Pemasaran merupakan salah satu ilmu ekonomi yang telah usang berkembang, dan hingga pada ketika kini ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan untuk bisa bertahan di dalam pangsa pasar. oleh alasannya ialah itu diharapkan taktik pemasaran yang sanggup memberikan efek untuk menentukan berhasil atau tidaknya dalam memasarkan produknya. Apabila taktik pemasaran yang dilaksanakan perusahaan tersebut bisa memasarkan produknya dengan baik, hal ini akan kuat terhadap tujuan perusahaan.
1.2. Tujuan Pembahasan Makalah.
1. Untuk mengetahui apa yang di maksud dengan teori pemasaran dan semua kegiatan yang bekerjasama dengan pemasaran.
2. Untuk memberikan pengetahuan dasar bagaimana cara melaksanakan kegiatan pemasaran dan apa saja yang harus dilakukan dalam kegiatan pemasaran.
3. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan bauran pemasaran atau marketing mix.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Landasan Teori
2.1.1 Pengertian Pemasaran.
Pemasaran ialah suatu proses sosial manajerial di mana individu dan kelompok mendapat kebutuhan dan harapan mereka dengan menciptakan, menunjukkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. Definisi ini berdasarkan pada konsep inti, yaitu : kebutuhan, harapan dan permintaan; pasar, pemasaran dan pemasar.
Tujuan Pemasaran ialah mengenal dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk yang di jual akan cocok sesuai dengan harapan pelanggan,sehingga produk tersebut sanggup terjual dengan sendirinya. Idealnya pemasaran menjadikan pelanggan siap membeli sehingga yang harus di fikirkan selanjutnya ialah bagaimana membuat produk tersebut tersedia.
Pengertian pemasaran oleh beberapa mahir diartikan menjadi :
1. William J Stanton, menyatakan bahwa:
Pemasaran ialah keseluruhan intern yang bekerjasama dengan kegiatan-kegiatan perjuangan yang bertujuan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang akan memuaskan kebutuhan pembeli baik pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial.
2. Philip dan Duncan.
Pemasaran meliputi semua langkah yang digunakan atau diharapkan untuk menempatkan barang-barang berwujud kepada konsumen.
3. American Marketing Association.
Pemasaran meliputi pelaksanaan kegiatan perjuangan niaga yang diarahkan pada arus fatwa barang dan jasa dari produsen kepada konsumen.

Fungsi utama mengapa kegiatan pemasaran dilakukan :
1. Untuk memberikan informasi ihwal produk yang dijual perusahaan.
2. Untuk mempengaruhi keputusan membeli konsumen.
3. Untuk membuat nilai hemat suatu barang.
2.1.2 Kegiatan Utama pemasaran
Kegiatan utama pemasaran atau juga disebut marketing mix ialah suatu perangkat perusahaan yang terdiri dari 4 variable yaitu produk, struktur harga, kegiatanpromosi dan saluran distribusi dengan tujuan untuk menentukan tingkat keberhasilan pemasaran perusahaan yang bisa memberikan kepuasan dalam pemenuhan kebutuhan konsumen yang dipilih atau segmen pasar yang di harapkan.



2.2 Pembahasan.
2.2.1 Bauran Pemasaran
Kotler (2000) mendefinisikan bahwa “bauran pemasaran ialah kelompok kiat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam pasar sasaran“. Sedangkan Jerome Mc-Carthy dalam Fandy Tjiptono (2004) merumuskan bauran pemasaran menjadi 4 P (Product, Price, Promotion dan Place).

1. Product (Produk).
Merupakan bentuk penawaran organisasi jasa yang ditujukan untuk mencapai tujuan melalui pemuasan kebutuhan dan harapan pelanggan. Produk disini bisa berupa apa saja (baik yang berwujud fisik maupun tidak) yang sanggup ditawarkan kepada pelanggan potensial untuk.memenuhi kebutuhan dan harapan tertentu. Produk merupakan semua yang ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diperoleh dan digunakan atau dikonsumsi untuk sanggup memenuhi kebutuhan dan harapan yang berupa fisik, jasa, orang, organisasi dan ide.
Produk merupakan hasil dari kegiatan produksi perusahaan yang nantinya akan di jual perusahaan atau barang yang dibeli perusahaan untuk dijual kembali kepada konsumen final (bagi perusahaan dagang). Dalam membahas apa itu produk sebagai salah satu dari keempat variable marketing mix maka kita bagi menjadi 3 bab :
a. Pemilihan produk
b. Pembungkus barang
c. Merk barang

a. Pemilihan barang/produk
Kebijaksanaan perusahaan dalam menentukan produk yang akan dijual atau produk yang akan dibeli (bagi perusahaan dagang) amat kuat pada penentuan harga, strategi, promosi, yang akan dilakukan semoga berhasil dalam melaksanakan fungsi penjualan dari bidang pemasaran. Pemilihan barang atau produk yang sempurna untuk dipasarkan atau sesuai dengan sikap pembeli ataupun daya beli konsumen akan menguntungkan perusahaan sehingga hasil kegiatan perusahaan yang dicapai akan sanggup mempertahankan atau ditingkatkan demi kelangsungan hidup perusahaan.
Yang penting disini ialah bagaimana cara mengantisipasi masalah-masalah yang mungkin dihadapi perusahaan alasannya ialah terjadi proses tahapan siklus kehidupan barang. Siklus kehidupan barang ini akan selalu terjadi di mana pada suatu ketika kalau produk tersebut sudah mencapai tahap kejenuhan akan mengalami penurunan penjualan yang berarti juga terjadi turunnya tingkat pendapatan perusahaan. Oleh alasannya ialah itu sebelum perusahaan terlambat dalam mengatasi perjalanan produk dalam siklus kehidupan produk maka tindakan yang harus dilakukan ialah taktik apa yang akan dilakukan atau kebijaksanaan apa yang akan dilakukan semoga sebelum produk tersebut sudah tidak laris lagi perusahaan sudah menyiapkan produk baru,sebagai pengganti atau taktik baru.
Tahap-tahap siklus kehidupan dibagi menjadi 5 tahapan di mana untuk masing-masing tahap suatu perusahaan harus memasang taktik atau kebijaksanaan yang berlainan untuk menjaga semoga kelangsungan hidup perusahaan terjamin. Lima tahap tersebut ialah sebagai berikut :
1. Tahap perkenalan
2. Tahap pertumbuhan
3. Tahap kedewasaan
4. Tahap kejenuhan
5. Tahap penurunan

Apabila di gambarkan maka akan menjadi sebagai berikut:

Penjualan


1 2 3 4 5
Waktu
Gambar 1. Daur siklus kehidupan barang.
(Produck life cycle)


1. Tahap Perkenalan
Tahap perkenalan ini menandakan bahwa barang yang dipasarkan benar-benar gres atau masyarakat belum tahu atau belum mengenalnya sehingga perlu memperkenalkan barang tersebut pada masyarakat melalui penyampaian informasi dengan kegiatan promosi yang gencar dan berangasan menekankan brand penjualan, kelebihannya dibandingkan dengan produk homogen ataupun bagaimana kegunaanya bagi konsumen dan lain-lain.
Tahap perkenalan ini biasanya memerlukan ongkos promosi yang sangat tinggi sedangkan hasil penjualan masih berjumlah sedikit dalam memberikan suplemen pendapatan produsen. Tujuan utama promosi ialah semoga konsumen tahu dan mengenal dengan baik produk perusahaan dan mulai menyukainya.
2. Tahap Pertumbuhan
Tahap pertunbuhan ditunjukan dengan meningkatnya volume penjualan dengan cepat alasannya ialah produk sudah menempatkan pada segmen pasar yang sesuai. Usaha yang dilakukan dalam tahap ini ialah menurunkan kegiatan promosinya untuk diganti dengan memperluas dan meningkatkan distribusi ke daerah-daerah (lokasi-lokasi segmen pasar) yang belum dimasuki atau kegiatan promosi digantikan dengan persaingan harga dengan perusahaan pesaing.
Pada tahap ini bermunculan perusahaan-perusahaan pesaing yang mencoba merebut segmen pasar yang kita kuasai dengan menggunakan strategi-strategi yang dengan perlahan dan niscaya sanggup menggeser kedudukan perusahaan yang lebih dulu masuk pasar.
3. Tahap kedewasaan dan kejenuhan
Tahap kedewasaan merupakan klimaks kejayaan perusahaan yang ditunjukan dengan peningkatan volume penjualan yang sangat tinggi. Pada tahap ini produk perusahaan sudah dikenal dengan baik oleh konsumen, sehingga perjuangan promosi amat sedikit peranannya dalam meningkatkan atau menambah volume penjualan.
Tambahan volume penjualan sudah dilakukan sedangkan bab pasar yang kita kuasai sudah banyak yang dimasuki produk-produk pesaing yang bertahap mulai mengikis segmen pasar kita, ditambah lagi dengan konsumen sudah mulai melirik produk homogen lainnya yang sekiranya mempunyai keunggulan lebih banyak atau dengan kata lain konsumen sudah mulai jenuh dengan produk yang kita jual.

4. Tahap kemunduran/penurunan
Akibat buruk sikap konsumen tersebut menurunkan volume penjualan perusahaan sehingga perusahaan harus cepat-cepat mengambil kebijaksanaan semoga perusahaan tidak bangkrut. Adapun kebijaksanaan yang akan di ambil oleh perusahaan pada umumnya terdiri dari 2, yaitu :

1. Menghentikan produk yang sudah tidak sanggup bersaing dengan digantikan oleh barang yang benar-benar gres dan lain dibandingkan dengan produk lama. Kebijaksanaan ini sanggup berjalan dengan lancar asalkan perusahaan mempunyai tenaga yang punya kemampuan dalam membuat motivasi baru, kreasi, atau membuat barang yang akan menggantikannya.

2. Tetap mempertahankan barang usang tetapi memperbaharui atribut-atribut lamanya baik dari segi kemasan atau sanggup juga menonjolkan kelebihan lain. Kalau alternatif ini tidak sanggup dilakukan perusahaan harus sanggup membuat barang yang benar-benar gres yang memerlukan penelitian dari awal baik dari segi mutu, brand dagang, pembungkus, cara mendistribusikan dan lain-lain.
b. Pembungkus barang
Bungkus barang merupakan pertimbangan ke dua setelah produk yang homogen ternyata mempunyai kualitas yang sama kualitas yang sama, rasa yang sama atau kegiatan yang relative berbeda. Maka bagi pembeli yang merasa galau dengan aneka macam brand tersebut hasilnya akan mempertimbangkan bungkus luar produk yang akan dipilih. Oleh alasannya ialah itu bungkus juga memegang peranan penting dalam penjualan produk.
Untuk membuat bungkus semoga menarik pembeli maka perusahaan harus mempertimbangkan dari aneka macam aspek baik aspek ekonomis, keindahan maupun praktisnya.
Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembungkusan diantaranya:
 Bungkus yang membangkitkan hasrat untuk membeli.Ø
 Bungkus yang gampang diingat.Ø
 Bungkus yang tidak menambah harga jual sehingga tidak sanggup besaing dengan produk homogen yang lain.Ø
 Bungkus di design semoga sanggup menjaga mutu barang, memudahkanØ pengangkutan, penyimpanan, penyusunan di rak took, atau memmpunyai kegiatan setelah digunakan habis (ada kegiatan ganda).
c. Merk Barang
Merk barang yang dinyatakan dengan kata-kata saja atau disertai dengan gambar tertentu untuk mempertegaskan ialah sangat penting bagi perusahaan untuk membedakan perusahaan yang satu dengan yang lain. Dengan melihat brand seseorang yang sudah menggemari atau fanatic terhadap rasanya, mutunya atau keadaanya tidak akan nemilih lagi dalam menentukan lagi dalam membeli barang cukup hanya dengan melihat gambar tertentu atau kata-kata tertentu dalam suatu prroduk menganggap sudah cukup memutuskan untuk membeli.
Dengan brand yang sudah menjadi langganan pemakai sanggup menghemat waktu dalam membeli alasannya ialah sanggup menyuruh orang lain untuk membelinya (praktis) dan membuat anggaran tertentu dalam memakainya.
Banyaknya manfaat yang sanggup diperoleh konsumen ini ternyata terlihat juga oleh produsen sehingga sering sekali produsen menggunakan merek tersebut sebagai salah satu taktik pemasarannya dengan jalan perusahaan memproduksi barang yang tidak terlalu berbeda setiap menggunakan aneka macam merk, hal ini dilakukan untuk menguasai pasar.
2. Price (Harga)
Bauran harga berkenaan dcngan kebijakan strategis dan taktis menyerupai tingkat harga, struktur diskon, syarat pembayaran dan tingkat diskriminasi harga diantara aneka macam kelompok pelanggan. Harga menggambarkan besarnya rupiah yang harus dikeluarkan seorang konsumen untuk memperoleh satu buah produk dan hendaknya harga akan sanggup terjangkau oleh konsumen.
Definisi harga berdasarkan Philip Kotler ialah : “price is the amount of money charged for a product or service. More broadly, price is the sum of all the value that consumers exchange for the benefits of having or using the product or service”. Harga ialah sejumlah uang yang dibebankan untuk sebuah produk atau jasa. Secara lebih luas, harga ialah keseluruhan nilai yang ditukarkan konsumen untuk mendapat keuntungan dari kepemilikan terhadap sebuah produk atau jasa. Sedangkan Stanton mendefinisikan harga: “Price is the amount of money and or goods needed to acquire some combination of another goods and its companying services”. Pengertian di atas mengandung arti bahwa harga ialah sejumlah uang dan atau barang yang dibutuhkan untuk mendapat kombinasi dari barang yang lain yang disertai dengan kontribusi jasa. Harga merupakan elemen dari bauran pemasaran yang bersifat fleksibel, dimana suatu ketika harga akan stabil dalam waktu tertentu tetapi dalam seketika harga sanggup juga meningkat atau menurun dan juga merupakan satu-satunya elemen yang menghasilkan pendapatan dari penjualan.
Harga ialah sejumlah uang yang harus dibayar oleh pengguna untuk mendapat produk. Dengan kata lain seseorang akan membeli barang kita kalau pengorbanan yang dikeluarkan (uang dan waktu) sesuai dengan manfaat yang diperoleh dari prouksi tersebut (Moenroe, 1990). Jika hal ini dikaitkan dengan produk layanan, maka seseorang akan tiba ke tempat kita kalau waktu atau dana yang dikorbankan untuk mendapat produk layanan kita sesuai dengan produk layanan yang ditawarkan.
Harga dan kebijaksanaan harga ialah elemen yang paling banyak diperdebatkan dalam pemasaran. Harga ialah satu-satunya variabel taktik pemasaran yang berkaitan dengan pemasukan, bagaimanapun harga mendatangkan duduk masalah tersendiri. Condous (1983) menyarankan, “…apabila pengenaan biaya (charging) merupakan suatu keharusan, maka besarnya harus diadaptasi dengan kemampuan pengguna.”
Dalam hal pemasaran jasa, kreatifitas dan keahlian administrasi paling banyak dibutuhkan dalam duduk masalah penetapan harga. Ciri-ciri yang dimiliki jasa menjadikan dampak yang penting dalam penetapan harga. Ciri-ciri yang dimiliki jasa menjadikan dampak yang penting dalam penetapan harga. Hal yang menarik sekali ialah bahwa para penjual kerap kali mengetahui seruan in-elastis. Oleh alasannya ialah itu mereka memutuskan harga yang paling tinggi. Akan tetapi mereka lalai bertindak yang sebaliknya, kalau menghadpi seruan yang elastis, walaupun harga lebih rendah akan menaikkan penjualan unit, pendapatan total, penggunaan akomodasi dan mungkin juga naiknya keuntungan bersih.
Prinsip penetapan harga barang sanggup juga diterapkan daam penetapan harga jasa. Secara singkat prinsip-prinsip penetapan harga berdasarkan Zeithaml dan Bitner (1996) ialah sebagai berikut:
1. Perusahaan harus mempertimbangkan sejumlah faktor dalam memutuskan harganya, yang mencakup: pemilihan tujuan penetapan harga, menentukan tingkat permintaan, prakiraan biaya, menganalisis harga yang ditetapkan dan produk yang ditawarkan pesaing, pemilihan metode penetapan harga, dan menentukan harga akhir.
2. Perusahaan tidak selalu harus berupaya mencari profit makasimum melalui penetapan harga. Sasaran lain yang bisa mereka capai ialah meliputi survival, memakasimumkan penerimaan sekarang, memakasimumkan pertumbuhan penjualan, memakasimumkan penguasaan (skimming) pasar dan kepemimpinan produk atau kualitas.
3. Para pemasar hendaknya memahami seberapa responsif seruan terhadap perubahan harga. Untuk mengevaluasi sensitifitas harga, para pemasar bisa menghitung elastisitas permintaan, yang sanggup dirumuskan sebagai berikut:

Elastisitas = Persen (%) perubahan dalam kuantitas yang dibeli
Persentase perubahan dalam harga

4. Berbagai jenis biaya harus sipertimbangkan dalam memutuskan harga, termasuk di dalamnya ialah biaya langsung dan tidak langsung, biaya tetap dan biaya variabel, biaya tidak langsung yang bisa dilacak, dan biaya-biaya yang teralokasi. Bila suatu produk atau jasa harus mendatangkan keuntungan bagi perusahaan, harga harus bisa menutup semua biaya meliputi mark-upnya.
5. Harga-harga para pesaing akan mempengaruhi tingkat seruan barang dan jasa yang ditawarkan peruasahaan dan karenanya harus dipertimbangkan dalam proses penetapan harga.
6. Berbagai cara penetapan yang ada meliputi mark-up, sasaran perolehan, nilai yang bisa diterima, going rate, sealed-bid, dan harga psikologis.
7. Setelah memutuskan struktur harga, perusahaan menyesuikan harganya dengan menggunakan harga geografis, diskon harga, harga promosi, dan harga diskrimiasi, serta harga bauran produk.

Dalam situasi tertentu, pengguna melaksanakan penilaian atau menghitung-hitung ihwal apa yang akan mereka peroleh sebagai jawaban dari apa yang mereka berikan. Dengan demikian, harga merupakan pembatas (trade-of) untuk sejumlah benefit (nilai) yang akan diberikan oleh suatu produk (barang atau jasa) dengan sejumlah biaya yang dikaitkan dengan sejumlah biaya yang dikaitkan dengan penggunaan produk tersebut (Yazid), 1999). Pusat informasi yang menghendaki profit harus bisa menutup semua biaya yang berkaitan dengan proses memproduksi dan memasarkan suatu jasa. Selanjutnya memutuskan marjin secukupnya sehingga bisa memberikan keuntungan yang memuaskan.

Yazid (1999) yang menyampaikan bahwa, “Harga atau biaya sebuah jasa akan meliputi harga yang bersifat moneter dan harga yang bersifat non-moneter. Harga yang bersifat moneter mempuyai peranan penting bagi bab pemasaran untuk mengukur tingkat atau porsi penerimaan dari konsumen”. Selanjutnya dikatakan bahwa, di samping itu beberapa biaya non-moneter yang mungkin diperhitungkan konsumen ketika menggunakan suatu jasa mencakup:
1. Waktu. Waktu merupakan komoditas utama bagi sejumlah orang, dan bagi seseorang yang menunjukkan jasa dengan pelayanan yang berbeda kepada setiap individu, tetapi mempunyai keterbatasan waktu, mereka akan memperhitungkan biaya terhadap waktu yang digunakan dalam mencari/memburu suatu jasa, alasannya ialah barangkali waktu yang terbuang itu bekerjsama sanggup digunakan untuk keperluan lain.
2. Upaya-upaya yang bersifat fisik. Biaya untuk melaksanakan upaya-upaya fisik yang diharapkan unruk memperoleh sejumlah jasa bisa saja dimasukkan, khususnya bila penyajian jasa dilakukan secara swalayan.
3. Biaya-biaya sensor. Biaya-biaya ini bisa saja dikenakan sehubungan dengan adanya kebisingan, busuk tidak sedap, fatwa udara yang tidak lancar, terlalu panas atau terlalu cuek ruangannya, tempat duduk yang tidak nyaman, lingkungan yang terkesan jorok, bahkan rasa yang tidak mengenakkan.
4. Biaya-biaya psikologis. Biaya-biaya ini adakala dikenakan untuk penggunaan suatu jasa tertentu, menyerupai upaya yang bersifat mental (berpikir), perasaan adanya ketimpangan atau ketidakadilan bahkan rasa takut. (Yazid, 1999)


3. Promotion (Promosi)
Bauran promosi meliputi aneka macam metode, yaitu Iklan, Promosi Penjualan, Penjualan Tatap Muka dan Hubungan Masyarakat. Menggambarkan aneka macam macam cara yang ditempuh perusahaan dalam rangka menjual produk ke konsumen.
3.1.1 Promosi
1. Pengertian Promosi.
Promosi ialah arus informasi atau persuasi satu arah yang sanggup mengarahkan organisasi atau seseorang untuk membuat transaksi antara pembeli dan penjual.
Promosi merupakan kegiatan terakhir dari marketing mix yang sangat penting alasannya ialah kini ini kebanyakan pasar lebih banyak bersifat pasar pembeli di mana keputusan terakhir terjadinya transaksi jual beli sangat dipengaruhi oleh konsumen. Oleh alasannya ialah itu pembeli ialah raja. Para produsen aneka macam barang bersaing untuk merebut hati pembeli semoga tertarik dan mau membeli barang yang dijualnya.
Pada dasarnya keputusan membeli sangat dipengaruhi oleh motif-motif pertimbangan secara emosional, menyerupai : merasa bangga, sugesti, angan-angan dan sebagainya. Tetapi bisa juga pembeli membeli secara rasional seperti: alasannya ialah mempertimbangkan riwatnya, ekonomisnya, segi kepraktisan, harganya, pengangkutannya dan sebagainya.
Dalam promosi terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan, pada umumnya ada 4 kegiatan yang biasa dilakukan yaitu:
a. Periklanan.
b. Personal selling.
c. Promosi penjualan.
d. Publisitas dan humas.

a. Periklanan (Advertensi)
Periklanan merupakan salah satu bentuk kegiatan promosi yang sering dilakukan perusahaan melalui komunikasi non individu dengan sejumlah biaya menyerupai iklan melalui media masa, perusahaan iklan, forum non laba, individu-individu yang membuat poster dan sebagainya.
Periklanan dilakukan untuk memasarkan produk baru, memasuki segmen pasar yang gres atau yang tidak terjangkau oleh salesman maupun personal selling. Periklanan sering dilakukan baik melalui surat kabar, radio dan TV, pos langsung atau bahkan melalui biro periklanan.
b. Personal selling
Personal selling ialah kegiatan promosi yang dilakukan antar individu yang sering bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai atau mempertahankan kekerabatan pertukaran yang saling menguntungkan kedua belah pihak.*)
Proses personal selling ialah sebagai berikut:


Pelayanan setelah penjualan
*) Nichles : “Principles of marketing” Prentice Hall 1978.
c. Promosi penjualan
Promosi penjualan ialah salah satu bentuk kegiatan promosi dengan menggunakan alat peraga seperti: Peragaan, pameran, demonstrasi, hadiah, pola barang dan sebagainya.
d. Publisitas
Publisitas merupakan kegiatan promosi yang hampir sama dengan periklanan yaitu melalui media masa tetapi informasi yang diberikan tidak dalam bentuk iklan tetapi
berupa berita.
Biasanya forum yang dipublisitaskan tidak mengeluarkan biaya sedikitpun tetapi bisa merugikan kalau forum yang dipublisitaskan diberitakan kejelekannya.
4. Saluran Distribusi ( Place )
Merupakan keputusan distribusi menyangkut kemudahan terusan terhadap jasa bagi para pelanggan. Tempat dimana produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi dan outlet yang memungkinkan konsumen sanggup dengan gampang memperoleh suatu produk.

4.1. Pengertian Saluran Distribusi.
Definisi berdasarkan Philip Kotler mengenai distribusi ialah : “The various the company undertakes to make the product accessible and available to sasaran customer”. Berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membuat produknya gampang diperoleh dan tersedia untuk konsumen sasaran.
Sebagai salah satu variabel marketing mix, place / distribusi mempunyai peranan yang sangat penting dalam membantu perusahaan memastikan produknya, alasannya ialah tujuan dari distribusi ialah menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen pada waktu dan tempat yang tepat.
4.2 Pemilihan saluran distribusi
Keputusan penentuan lokasi dan saluran yang digunakan untuk memberikan jasa kepada pelanggan melibatkan pemikiran ihwal bagaimana cara mengirimkan atau memberikan jasa kepada pelanggan dan dimana hal tersebut akan dilakukan. Ini harus dipertimbangkan alasannya ialah dalam bidang jasa sering kali tidak sanggup ditentukan tempat dimana akan diproduksi dan dikonsumsi pada ketika bersamaan. Saluran distribusi sanggup dilihat sebagai kumpulan organisasi yang saling bergantungan satu sama lainnya yang terlibat dalam proses penyediaan sebuah produk/pelayanan untuk digunakan atau dikonsumsi. Penyampaian dalam perusahaan jasa harus sanggup mencari biro dan lokasi untuk menjangkau populasi yang tersebar luas.
Saluran distribusi ialah saluran yang digunakan produsen untuk menyalurkan barang hasil produksinya kepada konsumen, baik hingga berpindahnya hak (penguasaan) hingga dengan pemindahan barang maupun hanya pemindahan hak kepemilikannya saja.
Pemilihan saluran distribusi harus mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:
a. Sifat pembeli, menyerupai kebiasaan membeli, frekuensi pembelian, letak geografis dsb.
b. Sifat produk.
c. Sifat perantara.
d. Sifat pesaing
e. Sifat perusahaan, dan sebagainya
Sifat pembeli sangat mempengaruhi keputusan produsen dalam menentukan saluran distribusi yang dipakai.
Sebagai contohnya, kalau jumlah pembeli hanya, frekuensi pembelian dalam jumlah yang kecil-kecil maka akan membuat produsen cenderung menentukan saluran distribusi yang panjang.
Demikian juga sifat produk juga merupakan pertimbangan produsen yang tidak kalah pentingnya. Misalnya, apakah barang tersebut gampang rusak atau tidak, bagaimana ukurannya, bagaimana kualitas barang kalau dilihat dari segi konsumen, harganya dan sebagainya. Kesemuanya itu perlu dijadikan materi pertimbangan yang penting juga.
Demikian juga duduk masalah sifat perantara, perusahaan, pesaing, pasar yang dituju dan sebagainya menjadi faktor yang penting dalam menentukan saluran distribusi yang akan digunakan perusahaan. Saluran distribusi yang digunakan itu dengan tujuan semoga barang yang ditawarkan hingga pada konsumen industry maupun konsumen akhir.
4.3 Alternatif pemilihan saluran distribusi.
Untuk menggunakan saluran distribusi tertentu di samping mempertimbangkan faktor-faktor di atas perusahaan juga perlu mengetahui unsure apa saja yang bekerjsama juga mempengaruhi pemilihan saluran distribusi, diantaranya:
a. Tipe perantara.
Perantara dalam kenyataannya juga melaksanakan beberapa macam fungsi pemasaran menyerupai penyimpanan, pengangkutan, penjualan, pembelian dan sebagainya. Kalau fungsi pemasaran yang dilakukan mediator ternyata lebih efisien disbanding dengan kalau fungsi pemasaran dilakukan oleh produsen maka produsen yang bersangkutan biasanya memasukan mediator kedalam saluran distribusi yang dipilihnya.
Pada dasarnya ada 3 jenis mediator yaitu :
1. Pedagang (Wholesaler) ialah mediator yang secara positif mempunyai barang dagangan dan melaksanakan fungsi pemasaran di mana barang yang di dagangkan dalam jumlah volume penjualan yang besar sehingga pedagang besar ini biasanya hanya melayani pembelian dalam jumlah yang banyak atau dengan kata lain tidak melayani kosumen final yang membeli untuk memenuhi kebutuhan pribadinnya (atau besifat non-bisnis).

2. Pengecer (retailer) ialah mediator yang bekerjasama langsung dengan konsumen final baik konsumen untuk keperluan pribadi maupun konsumen industri.
Kalau digambarkan saaluran distribusi tersebut ialah sebagai berikut:


Gambar 5.3. Saluran distribusi pemasaran.
3. Agen, Agen merupakan mediator yang ketiga, biro mempunyai perbedaan baik dengan pedagang besar mupun pengecer. Hal ini diperlihatkan pada duduk masalah hak kepemilikan barang yang dijualnya. Kalau pedagang besar dan pengecer mempunyai hak milik pada barang yang dijual maka kalau pada biro sebaliknya. Biarpun sebagai biro mereka bisa menjual dalam partai besar tetapi tetap hak miliknya ada pada produsennya.
Kalau digambarkan sebagai berikut:


Gambar 5.4. Saluran distribusi yang memasukan biro dan langsung ke konsumen akhir.
b. Jumlah Perantara.
Kalau ditinjau dari jumlah perantara, ini menyangkut untuk tingkat penyebaran pasar yang diinginkan oleh produsen.
Dengan mempertimbangkan jumlah perantara/penyalur maka produsen mempunyai 3 jenis kebijaksanaan alternative pemakaian saluran distribusi, yaitu:

1. Distribusi Insentif.
Kebijaksanaan yang digunakan perusahaan dengan jalan menggunakan sebanyak mungkin penyalur atau pengecer untuk mencapai dengan cepat kebutuhan konsumen sanggup terpenuhi dengan segera. Biasanya kebijaksanaan ini dilakukan kalau produsen menjual barang-barang konsumsi sejenis, konvinen atau kebutuhan pokok sehari-hari.
2. Distribusi selektif.
Distribusi yang dipilih produsen dengan hanya menggunakan beberapa mediator saja, untuk memudahkan pengawasan terhadap penyalur. Distribusi ini digunakan untuk memasarkan barang-barang baru, barang Istimewa maupun barang industri jenis peralatan ekstra. Sehingga dalam pemakaian saluran distribusi ini produsen berusaha menentukan berapa penyalur yang benar-benar baik dan bisa melaksanakan fungsi pemasaran.
3. Distribusi eksklusif.
Distribusi yang dipilih produsen dengan hanya menentukan satu mediator saja dalam wilayah geografis tertentu. Hal ini digunakan untuk pengawasan yang lebih intensif dan mendorong semangat penyalur semoga berangasan dalam melaksanakan fungsi pemasarannya. Distribusi ini digunakan produsen penghasil barang-barang yang relatif mahal/berat.
Karena pemasaran bukanlah ilmu niscaya menyerupai keuangan (finance), teori Marketing mix juga terus berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P yang selanjutnya ialah People (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik), Process (Proses). Penulis buku Seth Godin, misalnya, juga menunjukkan teori P gres yaitu Purple Cow.[1]
Perencanaan saluran distribusi dilakukan dengan maksud untuk memperlancar penyaluran produk semoga hingga kepada konsumen. Dengan kegiatan distribusi ini diharapkan sanggup mempermudah konsumen untuk memperoleh produk setiap saat. Kecepatan dan ketepatan dari saluran distribusi yang dilakukan oleh perusahaan akan sangat membantu konsumen dalam mendapat produk perusahaan, hal ini semoga sanggup menaikkan gambaran keberadaan produk dan perusahaan itu sendiri.


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dalam konsep pemasaran modern banyak perusahaan yang mengacu pada bauran pemasaran di dalam merancang acara pemasarannya. Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan saluran distribusi mempunyai peranan yang sangat penting guna mensukseskan acara pemasaran dari suatu perusahaan. Dengan melaksanakan perencanaan terhadap empat bauran pemasaran diharapkan perusahaan sanggup merumuskan acara pemasaran yang sempurna bagi produk yang akan ditawarkan kepada konsumen.
Perencanaan produk yang dihasilkan oleh perusahaan harus benar- benar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Selain itu, produk yang dihasilkan harus mencerminkan kualitas yang baik. Hal tersebut semoga sesuai dengan tujuan perusahaan yang mana produk yang dihasilkan sanggup diterima dan sesuai dengan kebutuhan konsumen dan sanggup memuaskan konsumen. Karena produk merupakan titik sentral dari kegiatan pemasaran, keberhasilan suatu perusahaan sanggup diketahui dari respon yang ditunjukkan oleh konsumen.
Pada situasi persaingan dan perubahan yang bergerak begitu cepat ini perusahaan ditekan oleh faktor-aktor eksternal menyerupai perubahan teknologi, ekonomi, sosial kultural dan pasar. Di sisi lain, secara internal perusahaan menghadapi perubahan organisasi yang tak kalah peliknya, menyerupai duduk masalah budaya perusahaan, struktur, karyawan, pemegang saham. Dalam situasi menyerupai ini konsep pemasaran tidak lagi cukup hanya berbicara ihwal penjualan, periklanan atau bahkan konsep bauran pemasaran 4P (product, place, pricing, dan promotion).
Pemasaran harus dilihat sebagai suatu konsep bisnis taktik (strategic business concept). Artinya pemasaran tidak lagi sekadar marketing as it is, melainkan harus diintegrasikan dengan taktik perusahaan secara keseluruhan.


DAFTAR PUSTAKA

- Hermawan Kartajaya dan Philip Kotler, 2002, Rethinking Marketing; Sustainable Marketing Enterprise in Asia. Jakarta: Prenhallindo.
- Keegan, Warren J. 1996, Manajemen Pemasaran Global: Alih Bahasa, Alexander Sindoro Jilid 1, Jakarta: Prenhallindo.
- Widyatmini,1995, Pengantar Bisnis,Cetakan ke IV edisi 1,seri,Depok,Seri Diktat Kuliah: Gunadarma
- Gruenwald, G. 1985. Seri Pemasaran dan Promosi, Pengembangan Produk Baru, PT Alex Media Komputindo, Jakarta
- Kotler, P. 1995. Manajemen Pemasaran; Analisa, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jilid I, edisi kedelapan, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
- Dan Berbagai sumber lainnya.


Contoh judul skripsi administrasi pemasaran Pelaksanaan Kebijakan Distribusi Pada PT. Ateja Multi Industri Di Indonesia (1999)
Contoh judul skripsi administrasi pemasaran Pengembangan Produk Yang Dilaksanakan Oleh Contoh judul skripsi administrasi pemasaran PT.National Motor Co. Dalam Usahanya Untuk Meningkatkan Penjualan (1999)
Contoh judul skripsi administrasi pemasaran Evaluasi Pelaksanaan Program Humas Di Children Center Jakarta (1999)
Contoh judul skripsi administrasi pemasaran Evaluasi Pelaksanaan Tahap-Tahap Pengembangan Produk Tabungan Pada Bank BNI 46 (1999)
Contoh judul skripsi administrasi pemasaran Sistem Multi Level Marketing Dan Pelaksanaan Pada PT. Centranusa Insan Cemerlang (1999)
Contoh judul skripsi administrasi pemasaran Kebijaksanaan Pengembangan Produk Meja Tulis Pada PT. Cahaya Sakti Furintralo (1999)

Contoh judul skripsi administrasi pemasaran Kualitas Produk Bedak Ratu Mas Pada PT. Mustika Ratu (2000)
Peranan Kepercayaan Terhadap Pemasok Dalam Menentukan Keputusan Pembelian Pada PT. Alfa Retailindo Tbk (2000)
Tanggapan Konsumen Terhadap Slogan Produk Fruit Tea Pada PT. Sasana Caraka Mekar Jaya (2000)
Efektivitas Kemasan Produk Minuman Jamu Segar Gula Asem Pada PT. Mustika Ratu (2000)
Pelaksanaan Pengembangan Produk Sepatu Aero Sole Pada PT. Sepatu Bata Tbk Indonesia (2000)
Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Bonus Dalam kemasan Pada Produk Nivea And Body Lotion Di Jakarta (2000)
Penerapan Strategi Penentang Pasar Yang Dilakukan PT. HM Sampoerna (2000)
Strategi Pemimpin Pasar Pada Garuda Food Group (2000)
Pelaksanaan Pengembangan Produk Sirup Golden Valley Pada PT. Semesta Ampuh Jakarta (2000)
Kualitas Produk Bedak Ratu Mas Pada PT. Mustika Ratu (2000)
Penjualan pada PT unibindo Pertiwi (2000)
Efektivitas Kemasan Produk Minuman Jamu Gula Asem Pada PT. Mustika Ratu (2000)
Pelaksanaan Langkah-Langkah Positioning Untuk Produk Jamu Celup Lokal Tea Pada PT. Mustika Ratu (2000)
 Pengaruh penanganan complain terhadap trust dan commitment pada PT Rutan machinery company (2000)
Kebijakan Kemasan Gatsby Water Gloss Pada PT. Tancho Indonesia Tbk (2000)
Pelaksanaan Pengembangan Produk Mie Instant Pop Mie Pada PT. Indofood Sukses Makmur (2000)
Pelaksanaan Pengembangan Produk Minuman Teh Dalam Kemasan Merek Fruit Tea Pada PT. Sinar Sosro (2000)
Pelaksanaan Saluran Distribusi Pada PT. Etona Abadi (2000)Strategi Pemimpin Pasar Pada Garuda Food Group (2000)
Pelaksanaan Strategi pelayanan Pada Restoran Sari Kuring Batu Ceper (2000)
Pelaksanaan Distribusi Fisik Pada PT. Pusri PPD Lampung (2000)
Kebijakan Distribusi Fisik Produk Emas Pada PT. Aneka Tambang (Persero) Tbk Unit Pengolahan Dan Pemurnian Logam Mulia Di Jakarta (2000)
Pelaksanaan Distribusi Fisik Minyak Goreng Dan Margarin Di PT. Inti Boga Sejahtera (2000)
Pelaksanaan Saluran Distribusi Lem Dextone Pada PT. Karya Lestari (2000)
Pelaksanaan Strategi Diferensiasi Pada Delika Tirta Prima Jakarta (2000)
Evaluasi Pelaksanaan Strategi Diferensiasi Pada Rumah Sakit St. Carolus (2000)
Pelaksanaan Pengembangan Produk Minuman Teh Dalam Kemasan Merek Fruit Tea Pada PT. Sinar Sosro (2000)
Pelaksanaan Strategi Kaizen Pada PT. Alfa Retailindo (2000)
Pelaksanaan Saluran Distribusi Pada PT. Tancho Indonesia Tbk (2000)
Efektivitas Pelaksanaan Saluran Distribusi Beras Oleh Bulog (2000)
Pelaksanaan Distribusi Fisik Pada Perusahaan Percetakan PT. Pajar Inter Pratama Jakarta (2000)
Pelaksanaan Distribusi Fisik Pada PT. Bhineka Karya Manunggal Jakarta (2000)
Pengaruh Nama Merek Favorable (Brand Favorable) Terhadap Persepsi Produk Oleh Konsumen (2000)
Pelaksanaan pemasaran Langsung Melalui Telepon Pada Citibank Di Jakarta (2000)
Desain Strategi Pensponsoran Dalam Meningkatkan Citra Produk Kosmetika Sari Ayu Pada PT. X Di Jakarta (2000)
Pengaruh Harga Dalam Penilaian Konsumen Terhadap Kualitas Mobil Mitsubishi (2000)
Strategi Penempatan Produk Pada Radio Sonora, Jakarta (2000)

Contoh judul skripsi administrasi pemasaran Strategi Kemasan PO Powder Mbk Pada CV. Bahagia Jakarta (2001)
Strategi Nama Merek Pada Perusahaan Jasa Transportasi Kereta Api PT. Kereta Api (Persero) Dalam Rangka Membangun Kekuatan Merek (2001)
Pelaksanaan Saluran Distribusi Pada Perusahaan Baso Sapi Sari Murni (2001)
Pelaksanaan Penetapan Posisi Produk Pada PT. X Di Bekasi (2001)
Kualitas Pelayanan Pada Restoran Akung Baso Sapi Asli Di Jakarta (2001)
Devaluasi Pelaksanaan Promosi Penjualan Permen Kopiko Pada PT. Mayora Indah Di Jakarta (2001)
Kemitraan gila sebagai taktik perjuangan dalam industri komponen otomotif (kasus PT Astra Otoparts, Tbk) (2001)
Kualitas Produk, Kepuasan Dan Kecenderungan Berprilaku Pada Mobil Toyota Kijang Di Jakarta (2001)
Le projet pineapple concentrate PT. JAU etude de cas Thyssen Krupp (Indonesie) (2001)
Pelaksanaan promosi penjualan pada PT Bumi Serpong Damai di Tanggerang (2001)
Pengaruh kontribusi merek berbahasa gila terhadap persepsi konsumen pada produk minuman kesehatan BGS Jelly (2001)
Analisis kepuasan konsumen di Hotel Menteng Group Jakarta (2001)
Bentuk- bentuk pelayanan purna jual utama sebagai kunci sukses perjuangan PT Wira Andra Wina , Medan (2001)

Contoh judul skripsi administrasi pemasaran Brand Quality Produk obat sakit maag PROMAG pada PT Kalbe Farma (2002)
Analisa Hubungan Reputasi dan Ukuran Pemasok Terhadap kepercayaan Pada PT. Tirta Ratna (2002)
Pelaksanaan Periklanan Produk Miyako Pada PT. Bangun Indo Tbk Di Jakarta (2002)
Pelaksanaan Program Perikalanan Produk Gaga Mie 100 Pada PT. Jakarana Taiya (2002)
Faktor-Faktor Yang Menunjang Kualitas Merek Fruit tea Pada PT. Sinar Sosro Bekasi Ja-Bar (2002)
Kebijakan Saluran Distribusi Hot Roller Coil (HRC) Pada PT. Krakatau Steel Di Jakarta (2002)

Contoh judul skripsi administrasi pemasaran Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Tabloid Olahraga (Dalam Kasus Tabloid BOLA) (2003)
Outsourcing Sebagai Alternatif Aktivitas Distribusi Pada PT. Pupuk Kaltim (2003)
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perusahaan Multinasional Dalam Mengambil Keputusan Untuk Melakukan Joint Venture (2003)
Pengaruh sumber pesan terhadap persepsi konsumen dalam iklan rokok (2003)
Pengaruh karateristik franchise terhadap tingkat kepuasan franchise (2003)
Membangun ekuitas merek Sim Card Mentari pada PT Satelindo di Jakarta (2003)
Pelaksanaan customer relationship pada Hero Supermarket cabang Gatot Subroto (2003)
Pelaksanaan kualitas pelayana pada PT Bank X TBK di Jakarta Selatan (2003)

Contoh judul skripsi administrasi pemasaran Kualitas pelayanan pada rumah makan ayam goring Toh Jonodi Jakarta selatan (2004)
Membangun komunitas merek pada mentari club (2004)
Faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam dalam melaksanakan pembelian sepeda motor Honda di Jakarta (2004)
Mutu buah Tbs plasma sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan petani pada PT Sumber Indah Perkasa, Lampung (2004)
Faktor- faktor yang membentuk kepercayaan dan komitmen dalam upaya menjalin kekerabatan antara pelanggan dengan perusahan bengkel kendaraan beroda empat korea , jepang dan eropa di Jakarta (2004)
Pelaksanaan diferensasi kelayakan produk televisi Panasonic pada PT National Panasonic Gobel di Jakarta (2004)
Faktor- faktor yang mempengaruhi kualitas produk baru- (2004)
Loyalitas konsumen terhadap merek putrid pada PT Mustika Ratu,Tbk (2004)
Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap kesetiaan pelanggan provider hand phone simpati (2004)
Pengaruh kepercayaan merek terhadap kesetiaan konsumen pada kendaraan brand Toyota (2004)


Sahabat semangat inspirasi, itulah tadi sedikit ulasan singkat yang merupakan pola dari makalah ihwal administrasi pemasaran, semoga bermanfaat.

0 Response to "Contoh Makalah Wacana Administrasi Pemasaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel